PHP sudah lama menjadi bahasa pemrograman yang paling populer di Indonesia. Menurut saya pribadi ini, kedudukan PHP tidak akan bergeser dalam waktu dekat. Bahasa PHP ini sendiri sudah secara konsisten menambahkan fitur-fitur baru dalam beberapa tahun belakangan, menjadikan membuat program dalam PHP menjadi lebih aman dan terstruktur. Sangat berbeda dengan wajah PHP yang saya mulai gunakan saat saya masih di SMA.

Di antara semua framework PHP yang populer, adalah sebuah kebetulan saya memilih menggunakan Yii Framework sebagai framework PHP utama untuk startup saya dulu. Sistem menggunakan Yii telah berjalan selama 6.5 tahun saat perusahaan diakuisisi, meski beberapa komponen telah dibuang dan ditulis ulang dengan bahasa lain karena pertimbangan kinerja dan kompatibilitas. Dan kebetulan juga saya memilih AWS sebagai cloud provider perusahaan, dan itu adalah keputusan yang sangat tepat.

Seri ini akan membahas tentang bagaimana membangun aplikasi modern PHP Yii2. Ada beberapa best practices yang saya pinjam dari orang lain dan bekerja dengan baik dalam pengalaman saya. Dan dengan cepatnya pertambahan layanan dan fitur yang dirilis di AWS, saya juga akan memperkenalkan ide-ide baru yang dapat membantu para developer menggunakan Yii2 untuk lebih produktif dan lincah.

Daftar ini akan terus berkembang, jadi jangan lupa untuk mengunjungi ini dari waktu ke waktu. Jika Anda ada ide atau permintaan, silakan tulis di bagian komentar 🙂

  1. Mendeploy Aplikasi Yii2 dengan Amazon Elastic Container Service, AWS Fargate, dan AWS Cloud Development Kit
    1. Menambahkan Autoscaling dengan AWS CDK
  2. Membangun Pipeline CI/CD Pipeline Menggunakan AWS CodePipeline, AWS CodeBuild, Amazon ECR, Amazon ECS Dengan AWS CDK

Leave a comment

Leave a Reply

%d bloggers like this: