Kenapa Web Standard?

Tugas besar Pemrograman Internet kali ini adalah untuk menyusun sebuah situs mirip jejaring sosial yang berisi profil-profil diri dari anggota kelompok yang terkait satu sama lain menggunakan hyperlink. Salah satu poin yang gw propose di spesifikasi tugas besar tersebut adalah Web Standard compliance.

Apa sih itu Web Standard? Web Standard adalah sebuah teknologi atau spesifikasi yang telah disusun untuk membuat atau menginterpretasikan konten berbasis web. Standar-standar ini didefinisikan terutama oleh World Wide Web Consortium. Setiap pengembang web seharusnya mengikuti standar yang telah ditetapkan tersebut. Dan untungnya Pak Riza, dosen yang bersangkutan, sangat setuju dengan adanya spesifikasi tersebut.

Kenapa sih harus ikut Web Standard?

Continue reading Kenapa Web Standard?

Design Your Software and Help our Nation

Mungkin para mahasiswa, khususnya jurusan IT, sudah tidak asing lagi dengan kompetisi Software Design di Microsoft Imagine Cup. Nah Himpunan Mahasiswa Informatika (HMIF) ITB dalam rangka acara besarnya yaitu ARKAVIDIA, mengadakan  sebuah Software Design Competition yang bertemakan “Future Public Service” . Kompetisi ini sendiri merupakan suatu ajang yang kompetitif untuk meningkatkan kepedulian terhadap “Future Public Service” di Indonesia dan kreatifitas mahasiswa dalam menciptakan suatu desain perangkat lunak yang mudah digunakan oleh masyarakat. Terlebih lagi di masa depan, layanan yang bersifat publik sudah seharusnya dikendalikan oleh otomatisasi berbasis komputer dan diharapkan dapat memberikan ide yang menarik untuk membantu kemajuan pelayanan publik di Indonesia pada khususnya.


Pendaftaran untuk lomba ini telah dibuka sejak awal Januari lalu dan masih akan dibuka hingga akhir Februari ini. Dalam lomba yang diperuntukan bagi seluruh mahasiswa di Indonesia ini, peserta bebas menggunakan teknologi yang digunakan (Java, .NET, dsb. tak terkendala bahasa) dan diperbolehkan menggunakan banyak teknologi sekaligus (interoperabilitas antar teknologi dapat menjadi nilai tambah dalam penilaian). Peserta diharuskan mengirimkan proposal perangkat lunaknya sebelum batas waktu yang ada,
Nantinya akan dipilih 10 finalis yang akan mempresentasikan karyanya di Expo ARKAVIDIA pada bulan April nanti. Hadiah untuk juara I bernilai 10 juta rupiah, sedangkan untuk juara II sebesar 5 juta rupiah, dan 3 juta rupiah untuk juara III. Untuk informasi lebih lanjut dan pendaftaran dapat langsung mengunjungi website resmi ARKAVIDIA yaitu http://arkavidia.com.
So, ingin merancang software yang bisa membatu public service kita danmendapatkan hadiah yang besar? Langsung saja berpartisipasi! 😀

Ubuntu TOKI Remix

Photobucket Ubuntu TOKI Remix adalah paket LiveCD Ubuntu yang telah dikembangkan dan dipaketkan ulang untuk kebutuhan pembelajaran bagi siswa yang berminat di dalam bidang pemrograman untuk olimpiade komputer Indonesia. Berbeda dengan paket Ubuntu biasa, paket TOKI Remix ini berisi aplikasi-aplikasi standar yang dibutuhkan dalam pemrograman dan juga buku-buku pembelajaran serta soal-soal latihan.

Dengan menggunakan LiveCD ini siswa dapat belajar dan berlatih secara mandiri tanpa harus repot-repot melakukan instalasi aplikasi dan juga mencari-cari buku pelajaran dan soal-soal latihan. Siswa hanya tinggal memasang LiveCD pada komputer mana pun yang kompatibel (spesifikasinya tidak terlalu memberatkan) dan kemudian belajar dan berlatih pada lingkungan yang disediakan pada LiveCD.

Continue reading Ubuntu TOKI Remix

Seminggu kerja tanpa kerjaan

Dengan ini, sejam lagi, berakhirlah seminggu kerja ini yang tidak diisi kerjaan sama sekali.

Hari pertama, nunggu engineer dari vendor yang gak dateng-dateng. Gak ada kerjaan yang sifatnya produktif.

Hari kedua, sama-sama aja. Orang yang ditunggu, engineer dari vendornya, sebenarnya udah datang. Tapi tujuan utamanya bukan untuk melayani pertanyaan gw, melainkan karena ada sedikit permasalahan yang rada pelik yang ingin ditanyakan (meski gw masih belum fasih, tapi secara informatika, gw cukup mengerti bahwa persoalannya rada pelik, sih, emang). Akhirnya sampai pulang pun, permasalahannya masih belom terpecahkan.
Engineer dari vendornya itu orang China asli. Masih muda. Jadi kebayang kalau gw jadi engineer dari sebuah perusahaan manufaktur peralatan telekomunikasi atau entah apa itu. Bakal dikirim ke luar negeri buat mensupport client yang udah membeli peralatan kita yang harganya udah bermilyar-milyar rupiah. Wew, entah menyenangkan atau enggak sih ya.
Lucu banget ngeliat diskusi antara engineer Indosat dengan sang expatriat. Bicara bahasa Inggris yang dua-duanya rada belepotan. Tapi entah kenapa kok satu sama lain nyambung…. *sigh*
Continue reading Seminggu kerja tanpa kerjaan

IF3291 v2.0 @ SS#7

Ntahpapa kerjaan gw di Indosat ini….. Kok ini kayak kuliah IF3291 Jaringan Komputer dan Pengamanannya….

Jadi ceritanya gini…
gw ditempatkan di tempat yang berhubungan dengan telephony switching.
hayoo… lo… yang sering nelpon-nelpon ke nomor Indosat, keliatan di sini….. canda… hehehe…. 😛
Keknya yang bakal gw ceritain gak terlalu confidential dan emang kurang menarik sih 😀
Awalnya gw gak disuruh ngebikin apa-apa dulu. Seminggu pertama gw disuruh mentor gw untuk adaptasi lingkungan kerja dan eksplorasi-eksplorasi

Sekarang ini gw di sini disuruh eksplorasi mengenai SS#7 atau Signaling System No. 7 dan juga sering dikenal di Amerika Utara dengan CCSS7 atau Common Channel Signaling System No. 7.
(dari sini gak ngerti apa hubungannya dengan IF3291 yak….)
Continue reading IF3291 v2.0 @ SS#7