Bahasa Batak Karo

DISCLAIMER: Seluruh artikel ini disalin dari buku Tata Bahasa Karo. (bisa dilihat di sini). Agak-agak outdated tapi masih cukup informatif. Bahasa Batak Karo adalah bentuk bahasa Austronesia Barat yang digunakan di daerah Pulau Sumatera sebelah utara pada wilayah Kepulauan Indonesia [1]. Istilah “Batak” sendiri mengacu pada sekumpulan kelompok yang memiliki kaitan secara kultural yang mendiami […]

Budaya Karo – Religi Rakyat

Dalam hal alam pemikiran dan kepercayaan, orang Karo (yang belum memeluk agama Islam atau Kristen) erkiniteken (percaya) akan adanya Dibata (Tuhan) sebagai maha pencipta segala yang ada di alam raya dan dunia. Menurut kepercayaan tersebut Dibata yang menguasai segalanya itu terdiri dari Dibata Idatas atau Guru Butara Atas yang menguasai alam raya/langit Dibata Itengah atau […]

Narsisan @ Guro-guro Aron Kemaren

Biar jadi tukang foto tetep masih bisa narsis 😛 Kalo kata orang-orang, ini kayak bulang-bulang (kakek-kakek) dari Kabanjahe sana…. Padahal udah cukur kumis dan jenggot gitu…… Jadi keliatan sesuai umur…… 20 tahun 😀 Tapi kalo diliat-liat keren juga, sih…. Ini bareng-bareng Karo-karo mergana (marganya Karo-karo maksudnya) Dua di bawah bareng rondong bayangan kata orang […]

Gendang Guro-Guro Aron Permata GBKP Bandung Pusat 2008

Gendang Guro-guro Aron Kemarin (24/02), Permata GBKP (Gereja Batak Karo Protestan) Bandung Pusat mengadakan acara Gendang Guro-guro Aron. Gendang Guro-guro Aron ini adalah salah satu acara tradisional Masyarakat Karo yang biasa diadakan saat pesta-pesta adat dan acara Kerja Rani, acara yang diadakan setelah panen untuk bersyukur atas panen yang telah diberikan. Di dalam pesta-pesta dan […]

Tata Bahasa Karo

Ternyata juga ada yang seperti ini ^_^ Tata Bahasa Karo. Geoff Woollams Penerbit BINA MEDIA PERINTIS ISBN 979-3367-50-4 jumlah halaman 487 Komentar gw sih ini buku keren banget. Membahas bahasa Karo dari segi linguistiknya ^_^ Meski lebih cocok sebagai buku referensi tapi bisa juga sepertinya buat pemula yang ingin belajar bahasa Karo.

Sifat dan Tabiat Orang Karo (2)

Mejuah juah! Ini adalah lanjutan dari post kemarin : http://blog.petrabarus.net/2007/08/29/sifat-dan-tabiat-orang-karo-1/ Sopan Pembawaan sopan bergaul ditengah orang ramai dan dalam keluarga, merupakan bagian dari sikap hidup orang Karo. Sikap ini mungkin dilandasi pemikiran bahwa dalam bermasyarakat harus saling menghargai yakni berbuat sopan dan menghormati pihak lain, bukan dengan pura-pura. Gaya orang Karo berbicara menunjukkan sikap sopan […]

Sifat dan Tabiat Orang Karo (1)

Mejuah juah Setelah lama tidak posting blog, karena banyak sekali kesibukan yang melanda hari-hari pertama semester baru, akhirnya memutuskan untuk ngepost juga. Kali ini ngepostnya tentang Suku Karo, gimana sih tabiat kebanyakan orang Karo. Sejujurnya, saya juga gak terlalu tau apakah benar setiap etnis itu memiliki sifat yang dimiliki hampir sebagian besar oleh orang pada […]

Lagu Karo – Piso Surit

Piso Surit adalah salah satu lagu berbahasa Karo. Ini adalah salah satu lagu yang sebenernya harusnya hampir semua orang Karo tau, sih 😛 . Beberapa orang di luar Karo salah kaprah dengan mengira lagu ini adalah lagu tradisional Aceh. Beberapa juga mengira Piso Surit adalah senjata tradisional dari suku Karo. Piso Surit adalah nama sejenis […]