Setiap tahunnya CEO AWS, Andy Jassy, dalam keynotenya di re:Invent selalu mengumumkan inovasi-inovasi terbaru AWS untuk pelanggan. Tidak kalah dengan tahun lalu, kali ini AWS kembali menunjukkan luas dan dalamnya layanan yang dibangun, mulai dari komputasi, analitika, pembelajaran mesin, intelijensia buatan, jaringan, data center, dan hybrid. Berikut adalah catatan pribadi saya saat menonton keynote lewat livestream.

Teknologi Komputasi

AWS mengumumkan tiga instans komputasi baru berbasis chip AWS Graviton2. Chip ini didesain khusus oleh AWS dengan menggunakan transistor silikon berukuran 7nm. Dengan berbasis 64-bit Arm Neoverse core, instans ini mampu memberikan kinerja 7x lebih cepat, akses memori 5x lebih cepat, ukuran cache 2x lebih besar dibanding instans generasi pertama.

Ketiga instans ini adalah General Purposed (M6g dan M6gd), Compute-Optimized (C6g dan C6gd), Memory-Optimized (R6g dan R6gd). Instans ini akan memberikan peningkatan rasio harga/kinerja sebesar 40% dibandingkan dengan instans x86 dengan spesifikasi sejenis.

Baca lebih lanjut

Selain dari instans di atas, AWS juga mengumumkan instans Amazon EC2 Inf1 untuk mendukung aplikasi inferensi dari pembelajaran mesin. Instans ini memiliki 16 chip AWS Inferensia,yakni chip berkinerja tinggi yang didesain oleh AWS khusus untuk inferensi pembelajaran mesin.

Baca lebih lanjut

Dengan AWS Fargate untuk Amazon EKS, sekarang pelanggan yang menggunakan managed Kubernetes dengan Amazon EKS dapat memilih untuk menggunakan AWS Fargate dalam menjalankan pods mereka. Pelanggan sekarang dapat memilih untuk tidak mengelola instans komputasi karena sudah ditangani oleh AWS Fargate.

Baca lebih lanjut

Teknologi Analitik Dan Pengolahan Data

Amazon Managed Cassandra Service adalah layanan basis data Apache Cassandra yang scalable, highly available, dan managed. Layanan ini akan memudahkan pelanggan yang ingin menggunakan basis data Apache Cassandra untuk mengelola data berukuran besar karena layanan akan secara otomatis melakukan scaling atas dan bawah sesuai dengan besar lalu lintas aplikasi.

Baca lebih lanjut

Advanced Query Accelerator (AQUA) untuk Amazon Redshift adalah teknologi cache yang terdistribusi dan terakselerasi menggunakan perangkat keras yang dapat meningkatkan kecepatan Redshift 10 kali lebih cepat daripada teknologi data warehouse manapun.

Baca lebih lanjut

Amazon Redshift Data Lake Export memudahkan pelanggan untuk memindahkan data dari Redshift cluster ke Amazon S3 dalam format Apache Parquet, yakni format data penyimpanan berbentuk open columnar yang teroptimasi untuk analitik.

Amazon Redshift Federated Query memudahkan pelanggan untuk melakukan kueri dari sebuah Redshift cluster dari data yang tersebar di dalam cluster tersebut, di S3 data lake, di Amazon RDS PostgreSQL, dan juga di Amazon Aurora PostgreSQL.

Baca lebih lanjut

UltraWarm untuk Amazon ElasticSearch Service adalah pilihan baru penyimpanan hangat, biaya rendah, dan terkelola. Pelanggan dapat menggunakan tipe penyimpanan untuk mendapatkan potongan biaya 90% dibanding pilihan yang sudah ada dan tetap bisa menggunakan fitur-fitur Amazon ElasticSearch Service seperti enkripsi data, alarm terintegrasi, kueri SQL, dan lain-lain. Tipe ini cocok untuk melakukan analisa data berukuran sangat besar dan jarang diakses seperti berkas log.

Baca lebih lanjut

Teknologi Pembelajaran Mesin

Amazon SageMaker Studio adalah perkakas pengembangan terintegrasi (Integrated Development Environment / IDE ) yang dapat digunakan oleh pelanggan untuk melakukan pengembangan pembelajaran mesin menggunakan Amazon SageMaker. Amazon SageMaker Studio menyediakan perkakas lengkap bagi pengembang untuk menulis kode, melacak eksperimen, melakukan visualisasi data, melakukan debugging, dan monitoring.

Baca lebih lanjut

Amazon SageMaker Notebook adalah kapabilitas Amazon SageMaker untuk memudahkan pelanggan membuat notebook secara cepat agar dapat dibagikan dan melakukan kolaborasi dengan tim.

Amazon SageMaker Processing adalah kapabilitas Amazon SageMaker untuk memudahkan pelanggan menjalankan praproses, paskaproses, dan evaluasi model pada infrastruktur yang dikelola penuh oleh AWS. Proses seperti konversi set data untuk format yang mudah dibaca oleh algoritma, normalisasi fitur numerik, pembersihan dan tokenisasi data dapat dijalankan oleh SageMaker.

Baca lebih lanjut

Amazon SageMaker Experiment adalah kapabilitas Amazon SageMaker untuk memudahkan pelanggan mengorganisasi, melacak, membandingkan, dan mengevaluasi eksperimen dan versi model dari pembelajaran mesin.

Baca lebih lanjut

Amazon SageMaker Debugger adalah kapabilitas Amazon SageMaker yang membantu melakukan monitoring dari pekerjaan pembelajaran mesin sehingga pelanggan dapat menemukan dan memperbaiki masalah secara cepat.

Baca lebih lanjut

Amazon SageMaker AutoPilot mempermudah pelanggan untuk membuat model pembelajaran mesin terbaik berdasarkan data yang dimiliki. Dengan sedikit langkah mudah SageMaker AutoPilot akan menganalisa data yang dikirim dan menjalankan beberapa kandidat model pembelajaran untuk menentukan kombinasi terbaik dari algoritma, langkah pemrosesan, dan hyper-parameters. Pelanggan tetap memilik visibiltas untuk mengetahui bagaimana data diproses.

Baca lebih lanjut

Amazon SageMaker Model Monitor adalah layanan untuk secara terus menerus memonitor kualitas model pembelajaran mesin Amazon SageMaker di produksi. Layanan ini akan memberitahu pengembang jika terjadi deviasi pada kinerja model tersebut, misalnya jika ada drift atau anomali.

Baru lebih lanjut

Teknologi Intelegensia Buatan

Pada lapisan atas dari teknologi intelegensia buatan AWS yang sudah memiliki banyak kapabilitas – mulai dari Amazon Polly, teknologi teks ke suara, Amazon Personalize, teknologi personalisasi dan rekomendasi, Amazon Forecast, teknologi untuk prediksi – AWS menambahkan lebih banyak lagi berdasarkan masukan dari pelanggan.

Amazon Fraud Detector adalah teknologi untuk mendeteksi penipuan. Pelanggan cukup mengirimkan data transaksi, histori pembelian, akun, email, dll. Amazon kemudian menganalisa data tersebut menggunakan model yang sudah dibangun oleh Amazon.com pada bisnis retilnya. Layanan ini akan memberikan skor yang dapat digunakan oleh pelanggan untuk melakukan tindakan terhadap transaksi tersebut.

Belajar lebih lanjut

Amazon CodeGuru adalah teknologi berbasis pembelajaran mesin untuk menganalisa kode dan mendeteksi kode yang bermasalah. Dengan layanan ini tim pengembang Anda akan mendapatkan rekomendasi yang mudah dimengerti untuk memperbaiki kode seperti best practices, concurrency issues, incorrect error handling, dan lain-lain. CodeGuru juga bisa melakukan profiling pada aplikasi Anda setiap periode dan mengidentifikasi kode yang mahal, yakni mengakibatkan tingginya utilisasi CPU. Teknologi ini digunakan oleh Amazon.com untuk meningkatkan aplikasi mereka pada Prime Day sehingga dapat mengoptimasi utilisasi CPU sebesar 325%.

Baca lebih lanjut

Amazon Kendra adalah layanan untuk melakukan pencarian dokumen enterprise secara akurat menggunakan pemrosesan bahasa natural. Layanan ini mendukung banyak tipe sumber data seperti DropBox, Box, Redshift, dll. Pelanggan cukup menghubungkan sumber data tersebut, mendefinisikan index, dan menyambungkan dengan aplikasi yang sudah digunakan oleh perusahaan. Amazon Kendra akan terus belajar dan meningkatkan kualitas hasil pencarian.

Baca lebih lanjut

Teknologi Data Center

AWS Outposts sekarang telah tersedia untuk umum. AWS Outposts akan datang bersama layanan Amazon EC2, Amazon EBS, Amazon ECS, Amazon EKS, Amazon EMR, Amazon VPC, Amazon RDS (in preview), and Amazon S3 (akan datang). Pelanggan cukup membuka AWS Console dan memilih konfigurasi yang diinginkan sesuai dengan aplikasi. AWS Outpost akan dikirim, dikonfigurasi, dan dimonitor oleh AWS.

Baca lebih lanjut

AWS Local Zone adalah tipe deployment khusus yang menempatkan komputasi, penyimpanan, dan layanan lain lebih dekat dengan pelanggan agar dapat menjalankan aplikasi yang membutuhkan latensi sebesar satu dijit milidetik. AWS Local Zone sekarang telah tersedia di kota Los Angeles untuk undangan khusus. AWS Local Zone telah mendukung Amazon EC2, Amazon VPC, Amazon EBS, Amazon FSx, dan Amazon Elastic Load Balancer secara lokal.

Baca lebih lanjut

AWS Wavelength adalah layanan terbaru AWS untuk membantu pelanggan dapat menjalankan aplikasi dengan latensi satu dijit milidetik untuk mobile device. Pelanggan dapat mendeploy aplikasi pada Wavelength Zones, yakni infrastruktur AWS yang menempatkan layanan komputasi dan penyimpanan AWS pada pusat data penyedia telekomunikasi yang terletak pada jaringan 5G dan terhubung dengan layanan AWS di region tersebut.

Baca lebih lanjut

Teknologi Pengamanan Data

Amazon Detective adalah layanan yang memudahkan untuk menganalisa, menyelidiki, dan dengan cepat mengidentifikasi akar penyebab dari potensi masalah keamanan dan aktivitas mencurigakan. Layanan ini dapat menganalisa data dari layanan lain seperti VPC Flow Logs, AWS CloudTrail, dan Amazon GuardDuty, dengan menggunakan pembelajaran mesin, analisis statistik, dan teori graf untuk membuat data yang terhubung agar mudah untuk diinvestigasi.

Baca lebih lanjut


Demikian layanan-layanan terbaru yang diumumkan oleh Andy Jassy pada presentasi keynote-nya di re:Invent 2019. Nantikan artikel-artikel selanjutnya dari saya seputar re:Invent 2019.

NB:

Bergabunglah dengan AWS User Group Indonesia untuk berdiskusi tentang inovasi-inovasi terbaru AWS.

(Kredit foto: JagatReview.com)

Leave a comment

Leave a Reply

%d bloggers like this: