WordPress adalah perangkat lunak untuk membuat blog yang sangat populer. Saya pribadi menggunakan WordPress untuk blog ini sejak tahun 2004. Di artikel ini saya akan berbagi langkah-langkah mudah untuk membuat blog WordPress dengan menggunakan layanan Amazon Web Services.

Amazon Lightsail adalah layanan dari AWS yang membantu pengguna untuk membuat server untuk aplikasi atau website secara mudah, cepat, dan hemat biaya. Layanan ini ideal untuk pekerjaan yang sifatnya sederhana misalnya untuk blog pribadi Anda atau untuk situs sederhana organisasi Anda. Anda bisa membuat server baru secara hemat biaya mulai dari 3.5 USD atau 50 ribu rupiah. Anda juga bisa mendapatkan 1 bulan secara gratis untuk mencoba-coba.

Registrasi Akun AWS

Untuk memulai menggunakan fitur Amazon Lightsail, Anda perlu terlebih dahulu membuat akun di AWS. Langkah-langkah dalam membuat akun dapat dilihat di sini. Atau jika Anda sudah mempunyai akun, Anda cukup masuk ke AWS.

Membuat Blog WordPress

  1. Buka konsol Amazon Lightsail untuk memulai menggunakan.
  2. Pada bagian “Instances” di halaman depan Lightsail, lalu pilih “Create Instance”.
  3. Setelah itu Anda akan masuk ke halaman konfigurasi instans baru. Pilih lokasi yang Anda inginkan. Dalam hal ini karena Singapura adalah yang paling dekat dengan Indonesia, pilih regional Singapura.
  4. Pilih “Linux” pada bagian “Select a platform”, kemudian pilih “Wordpress” di bagian “Select a blueprint”.
  5. Setelah itu di bagian “Choose your instance plan”, pilih instans yang memiliki harga paling murah yakni $3.5 per bulan. Anda akan mendapatkan instans dengan spesifikasi 1 vCPU, 512 GB memori, 20 GB penyimpanan SSD, dan 1 TB kuota data transfer. Instans ini juga gratis di bulan pertama supaya Anda bisa mencoba terlebih dahulu.
  6. Beri nama instans Anda di bagian “Identify your instance”, misalnya “Blog-Saya”.
  7. Jika sudah selesai memastikan konfigurasi, klik “Create Instance”.

Mengkonfigurasi Blog Baru

Setelah menyelesaikan langkah di atas, Anda dapat melihat instans terbaru Anda di halaman utama.

  1. Tunggu instans Anda berpindah dari keadaan Pending menjadi Running.
  2. Klik nama instans yang telah Anda buat.
  3. Anda akan di bawa ke panel manajemen untuk instans tersebut.
  4. Sekarang kita akan masuk ke dalam instansnya untuk melihat kata sandi yang dibuat dalam proses instansiasi. Ini adalah mekanisme untuk menjamin situs Anda agar aman dari akses yang tidak diinginkan. Klik tombol “Connect using SSH”
  5. Setelah Anda melihat layar hitam, masukkan perintah “cat bitnami_credentials” (ketik kemudian tekan enter). Anda akan segera melihat panduan berisi nama pengguna dan kata sandi yang dibutuhkan untuk masuk ke dalam aplikasi WordPress Anda.
  6. Masukkan perintah “exit” untuk kembali ke panel sebelumnya.
  7. Di bagian bawah, Anda akan melihat bagian Public IP yang berisi IP address dengan format X.X.X.X. Pada contoh di bawah adalah “”. Ini adalah alamat dari instans Anda yang akan kita gunakan untuk mengkonfigurasi aplikasi WordPress pertama kali.
  8. Sekarang kita akan masuk ke halaman administrasi WordPress. Dengan menggunakan IP address instans tersebut buka halaman “http://X.X.X.X/wp-login” atau untuk kasus ini “http://54.255.208.145/wp-login”
  9. Masukkan nama pengguna dan kata sandi yang sudah Anda dapatkan sebelumnya. Kemudian klik “Log In”.
  10. Anda sekarang berada di halaman utama administrasi WordPress. Anda dapat mulai mencoba untuk menulis artikel baru atau mengkonfigurasi halaman-halaman lain.
  11. Untuk mengakses halaman publik, Anda bisa membuka “http://X.X.X.X/” atau dalam kasus ini “http://52.255.208.145”.

Membuat Domain

Sejauh ini kita sudah bisa mengakses blog menggunakan IP address. Selanjutnya pengguna dapat dengan mudah mengingat situs Anda, mari kita coba untuk membuat domain untuk IP address instans tersebut.

Tetapi sebelum itu kita harus mengkonfigurasi IP address statik. Instans yang baru kita buat menggunakan IP yang dinamis, maksudnya adalah ketika instans tersebut rusak atau mati, maka ketika dinyalakan kembali dia akan menggunakan IP yang baru. Karena domain yang akan kita pasang dipetakan ke satu IP maka ketika berganti IP, domain tidak bisa diakses. Dengan menggunakan IP statik, kita mencegah penggantian IP address ketika kegagalan terjadi.

Langkah-langkahnya sebagai berikut

  1. Pada panel manajemen instans, buka bagian “Networking”.
  2. Klik “Create static IP”, Anda akan dibawa ke halaman baru.
  3. Di bagian “Attach to an instance”, pilih instans yg sudah Anda buat. Dalam hal ini adalah “Blog-Saya”.
  4. Setelah itu klik “Create”.
  5. Di halaman baru ini, Anda akan melihat IP yang baru. Dalam kasus ini adalah “18.139.79.215”.

Penambahan IP statik ini tidak menambah biaya selama instans yang Anda pasangkan tidak dalam keadaan mati. Jadi ketika Anda menghapus instans tersebut jangan lupa untuk menghapus IP statik agar Anda tidak terkena biaya tambahan. Anda bisa menggunakan IP baru ini untuk mengakses blog Anda.

Sekarang kita ingin membeli domain baru dan memasangkan ke blog baru Anda. Untuk pembelian domain baru ini akan membutuhkan biaya tambahan mulai dari sekitar 9 USD tergantung domainnya.

  1. Pergi ke panel Route 53. Caranya adalah mengklik logo AWS di kanan atas dari halaman Lightsail. Kemudian pilih “Services” dan ketik “Route 53”. Ketika muncul menu “Route 53”, klik menu tersebut. Atau bisa langsung dari link ini.
  2. Pilih menu “Domain Registration” atau “Registered Domain”.
  3. Cari domain yang Anda inginkan, misalnya di sini saya mencari domain “blogbarusaya.net”.
  4. Jika Anda sudah menemukan domain baru tersebut, klik “Add To Cart”.
  5. Lalu klik “Continue” di bagian bawah.
  6. Pada form yang muncul, masukkan data diri Anda.
  7. Anda dapat memilih agar data diri Anda dirahasiakan atau tidak ketika orang melakukan inquiry.
  8. Klik “Continue”.
  9. Pada halaman terakhir ini, Anda diharuskan melakukan verifikasi email. Periksa email Anda, kemudian klik link yang ada di email verifikasi dari AWS.
  10. Klik “Complete Order”.
  11. Anda akan melihat domain baru Anda sedang diregistrasi. Ini akan memakan sedikit waktu.

Setelah pembelian domain berhasil, kita akan menyambungkan domain ke blog agar blog bisa dibuka dengan domain tersebut.

  1. Kembali ke panel Route 53. Pada panel tersebut buka menu “Hosted Zones”.
  2. Domain baru Anda harusnya sudah muncul di daftar tersebut. Klik link pada nama domain Anda.
  3. Klik “Create Record Set”.
  4. Masukkan subdomain yang Anda inginkan, biasanya “www”. Pada bagian Type, pilih “A — IPv4 address”. Lalu di bagian Value masukkan IP static yang sudah kita bikin. Klik “Create”.
  5. Ini akan memakan sedikit waktu. Periksa kembali domain Anda. Seharusnya domain tersebut sudah bisa mengarahkan ke blog Anda.

Sekarang Anda telah berhasil memiliki blog WordPress baru yang memiliki domain yang Anda inginkan. Anda bisa langsung mulai menulis banyak konten. Dari sini ada banyak hal yang masih bisa dieksplorasi, misalnya bagaimana mengantisipasi lonjakan pengunjung ke blog Anda, dan lain-lain.

Join the Conversation

2 Comments

  1. Kalau domainnya tidak beli di AWS, tapi beli di provider lain gmn caranya?

    Cara lihat DNS server di Lightsail gmn Pak?

    Sama cara add on domain di Lightsail gmn?

    1. Hi Kholid, untuk domain, jika sudah dibeli di provider lain, bisa dengan cara menambahkan A NAME ke IP address yang disudah diassign ke instance. Atau bisa create load balancer dari Lightsail Networking terus assign CNAMEnya ke DNS load balancer.

      Tapi bisa juga ditransfer ke AWS dari provider lama. Bisa baca di sini.
      https://docs.aws.amazon.com/Route53/latest/DeveloperGuide/domain-transfer-to-route-53.html

      Untuk add on, bisa buka Route 53 lalu register domain. Kalau pakai load balancer langsung bisa alias.

Leave a comment

Leave a Reply

%d bloggers like this: