Dari banyak perubahan yang saya bersama rekan-rekan kantor lakukan di perusahaan, salah satu yang meberikan sumbangan terbesar adalah implementasi OKR (Objective and Key Results). Meski sistem ini tidaklah mudah diimplementasikan awalnya, tetapi setelah berjalan dengan cukup lancar rekan-rekan kerja menjadi lebih produktif, terarah, mengerti kontribusi masing-masing, mengerti apa yang dikerjakan oleh rekan-rekan yang lain, dan yang paling penting adalah lebih positif.

Kesulitan utama implementasinya adalah karena banyak referensi berbahasa Inggris jadi saya harus banyak membuat terjemahan beberapa referensi. Salah satunya dari Google, perusahaan yang kultur OKR-nya sangat tertanam. Saya ingin berbagi dengan rekan-rekan yang tertarik belajar tentang OKR. Buku Pedoman OKR Google yang sudah saya terjemahkan bisa diakses di link berikut
https://docs.google.com/document/d/138o0OdplSaHoE_Cb0gpSJVUYB4rnr99homehZf4BpzE/edit?usp=sharing

Buku Pedoman Google ini sendiri diambil dari situs WhatMatters, yakni situs pelengkap dari buku Measure What Matters: How Google, Bono, and the Gates Foundation Rock the World with OKRs.

Jika ada yang ingin berdiskusi lebih lanjut tentang OKR atau berbagi pengalaman implementasi OKR di perusahaan masing-masing, yuk mari berdiskusi! Bisa kontak saya di telegram petrabarus.

(Featured image by https://unsplash.com/@rawpixel)

Leave a comment

Leave a Reply

%d bloggers like this: