Wow, dari judulnya sudah banyak sekali layanan AWS yang dibahas dalam meetup di bulan Februari 2019 ini. Sempat awalnya takut banyak yang urung datang karena cuaca yang tidak menentu dan hujan yang deras di siang hari. Tapi syukurlah malam tersebut bisa ada hadir lebih dari 80 peserta dan ruang amphitheater Bukalapak R&D hampir tidak bisa menampung semua peserta yang sangat antusias.

Bagi saya pribadi, materi-materinya sangat menarik. Fajri membahas perbandingan antara SQS dan Kinesis Stream, apa saja kekurangan dan kelebihan salah satu dari pada yang lain. Materi ini sebenarnya bukan hal baru bagi saya, tapi bagi sebagian peserta nampak cukup menginspirasi. Setelah acara banyak sekali yang mengajak berdiskusi tentang bagaimana mengimplementasikan sistem yang berskalabilitas tinggi dengan menggunakan SQS dan Kinesis Stream.

Ramai!

Selanjutnya dari Donnie bercerita tentang fitur yang sangat baru dari Lambda yakni Lambda Layers dan Lambda Runtimes. Semenjak peluncurannya, ini adalah fitur yang menarik minat saya karena bisa mendukung banyak bahasa pemrograman dan memudahkan pembagian kode atau pustaka. Dan Donnie sendiri mendemonstrasikan menjalankan Lambda menggunakan bahasa pemrograman Pascal dengan runtime yang sudah dia kompilasi selama dua hari terakhir.

Dan presentasi terakhir dari Andre membahas tentang salah satu teknik monitoring yang dilakukan di kantornya HOOQ yakni dengan menggunakan SNS dan Lambda. Teknik ini membantu log event bisa lebih mudah dicari di dalam Cloudwatch. Saya tidak pernah terpikir tentang teknik ini, sangat menyegarkan mendengarkan perspektif baru!

Berkas presentasi dari para pembicara bisa dilihat di link berikut

Sampai berjumpa di meetup selanjutnya!

NB: Kita juga punya WhatsApp group bagi pembaca yang tertarik berdiskusi: http://bit.ly/awsug-bandung-wa


Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *