Sorotan Tahun 2018

Memulai tahun 2019 ini, sekaligus mencoba untuk memulai kebiasaan menulis (untuk yang kesekian kalinya), maka saya akan mencoba menyoroti apa saja yang terjadi pada seorang Petra selama tahun 2018. Tahun 2018 ini tahun yang bagi saya adalah tahun yang sangat menantang. Kalau dibandingkan dengan rollercoaster, tahun ini banyak titik puncak yang sangat tinggi, tetapi juga banyak titik terendahnya.

UrbanIndo.com diakusisi oleh 99.co

05ba7fff-169c-44fa-a65b-5ad52554e786_169.jpeg
Foto dari detik.

Tahun 2018 diawali oleh pengumuman publik perihal UrbanIndo.com, perusahaan yang saya rintis dari tahun 2011 diakuisisi oleh 99.co, perusahaan real-estate asal Singapura. Akuisisi ini menanamkan sebuah tonggak dalam perjalanan saya membangun sebuah perusahaan dari mulai nol hingga dibeli oleh perusahaan lain.

Banyak sekali hal-hal yang saya pelajari pasca akuisisi ini. Menggabungkan dua buah perusahaan yang memiliki kultur berbeda, letak geografi berbeda, dan teknologi yang berbeda memiliki tantangan yang sangat unik dan tidak mudah. Mungkin bisa saya bahas di lain kesempatan.

 

Jalan-Jalan: Cebu, Jepang, Eropa

Di tahun 2018, saya lumayan banyak perjalanan keluar negeri untuk liburan jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Tahun lalu saya mengunjungi Cebu, Jepang, dan Eropa.

Pulau Cebu sarat dengan keindahan alam pantainya serta nilai sejarah yang sangat bagus. Selain menikmati keindahan alam di resort pantainya, saya juga mengelilingi banyak museum yang menceritakan bagaimana Ferdinand Magellan mendarat di Filipina dan membawa agama Katolik.

Ini kedua kalinya saya ke Jepang setelah yang pertama di bulan Oktober sebelumnya. Kali ini saya mengunjungi Tokyo, Osaka, dan Kyoto. Karena sesungguhnya Jepang ini tidak pernah membosankan untuk dikunjungi, saya berencana akan kembali berlibur ke sana lagi Maret ini.

Terakhir, saya Oktober lalu mengunjungi Belanda untuk menghadiri pernikahan sepupu. Di kesempatan ini saya mengunjungi beberapa negara lain seperti Belgia, Prancis, dan Swiss.

Membangkitkan Hobi Lama: Menggambar Sketsa

Saya memutuskan untuk membangkitkan kembali hobi lama saya yaitu menggambar sketsa. Hobi ini dulu dimulai di masa-masa ketika saya punya cita-cita untuk menjadi seorang arsitek. Entah mengapa sekarang terjebak di dunia perangkat lunak, tetapi keinginan untuk menggambar masih tetap ada.

Selain itu saya juga mencoba mewarnai buku. Tapi sayangnya saya merasa tidak terlalu tertarik dengan mewarnai. Sepertinya seterusnya akan tetap di menggambar sketsa.

Sketsa-sketsa saya yang lain bisa dilihat di Instagram saya.

Kehilangan Anggota Keluarga Besar

Dalam rentang satu tahun saja, keluarga saya dari pihak Barus mengalami kehilangan tiga orang anggota keluarga besar saya. Bulan Maret, salah satu Bibi saya dipanggil Tuhan. Ketika itu saya masih berada di Jepang jadi tidak bisa menghadiri pemakamannya.

Kemudian disusul bulan Agustus, Pak Tengah saya (abang dari mendiang ayah saya) dipanggil Tuhan. Pak Tengah ini adalah sosok yang saya anggap pengganti dari mendiang ayah saya; panutan sekaligus tempat bagi saya untuk bertanya banyak hal tentang bagaimana menghadapi tantangan kehidupan, apalagi di tahun 2018 ini saya diterpa banyak sekali tantangan. Ke beliaulah selama ini saya mencari nasihat dan panduan.

Lalu beberapa hari lalu, di penghujung tahun, abang sepupu saya juga menyusul. Ketika saya masih SD, beliau tinggal beberapa lama di rumah untuk merantau mencari pekerjaan di Jakarta. Dulu saya sering diantar jemput sekolah, dan juga sering diajak bermain.

Kehilangan tiga orang anggota keluarga ini benar-benar sebuah pukulan besar bagi kami keluarga Barus.

View this post on Instagram

Sampai berjumpa kembali, Bang. ☺️

A post shared by Petra (@petrabarus) on

Demikian sorotan besar hidup saya pribadi selama tahun 2018. Sejujurnya tahun 2018 ini bukan tahun yang favorit bagi saya pribadi. Terlalu banyak titik tinggi dan titik rendah. Tapi bagaimana pun tidak sedikit pelajaran yang saya petik dari tahun 2018 ketimbang sebelumnya.

Semoga tahun ini bisa lebih baik lagi 🙂

Leave a comment

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.