Template LaTeX Untuk Tugas Akhir dan Tesis Informatika ITB

Beberapa hari lalu Peb (IF 2003 2002) mengontak saya perihal template LaTeX yang ada di Github saya. Dokumen ini saya buat sudah sangat lama hingga saya hampir lupa keberadaannya. Dulu ceritanya usai sidang gelar master saya lima tahun lalu , Pak Imam yang pembimbing tesis saya mengomentari bahwa dokumen yang saya susun memiliki tampilan yang bagus. Oh iya dong pake LaTeX. Lalu beliau mengusulkan saya untuk menyumbangkan template agar bisa digunakan mahasiswa yang lain.

bahkan latest commitnya pun 5 tahun lalu

Kembali ke lima tahun kemudian, Peb menyumbangkan beberapa kode untuk perbaikan. Saya lalu merasa penasaran dan menanyakan ke Restya (IF 2006) yang sekarang mengajar di Informatika apakah masih belum ada standar LaTeX untuk tugas akhir. Ternyata belum ada. Jadi selama lima tahun terakhir ini mahasiswa Informatika ITB masih hidup dalam masa kegelapan.

Bagi saya seorang programmer menyusun dokumen tebal dan kompleks dengan LaTeX adalah hal yang menyenangkan dan terasa sangat natural. Penyusunan layaknya seperti kode aplikasi biasa, pengorganisasian kode, otomatasi, serta manajemen revisi menggunakan git membuat pengerjaan dokumen terasa mudah. Oleh karena itu saya menghibahkan template ini agar mahasiswa dapat fokus dalam membangun karya ketimbang berkutat dengan dokumen.

Kodenya dapat diakses di Github saya.

Beberapa hal yang akan dikerjakan (kalau sempat)

  1. Tutorial penggunaan.
  2. Penyesuaian dengan template Microsoft Word milik program studi.
  3. Template dua kolom untuk makalah.
  4. Cara otomatis pengunggahan ke Dropbox.

Saya sangat berharap ini bisa membantu mahasiswa untuk bisa berkarya.

One thought on “Template LaTeX Untuk Tugas Akhir dan Tesis Informatika ITB”

Leave a Reply