Arisetyo menjelaskan teknologi Javascript di OhdioFM

Cerita dari Acara Bandung Engineering Meetup July 2013: Javascript Technologies

Kemarin, saya dan beberapa rekan-rekan engineer di Bandung mengadakan meetup kecil di BrusselsSpring Setiabudi yang bertajuk Javascript TechnologiesMeetup ini berawal dari ide saya, Arisetyo, dan Ghanoz yang ingin mengadakan acara sharing yang lebih technical. Di Bandung sendiri sudah ada komunitas yakni FOWAB yang isinya adalah para pelaku dunia dijital Bandung dari berbagai kalangan mulai dari entrepreneurdesigner, dan termasuk juga engineer.

Saya secara pribadi menilai FOWAB telah sangat sukses menarik minat banyak sekali masyarakat Bandung untuk terjun menjadi pelaku dunia dijital. Kesuksesan ini ditunjukkan dari banyak sekali acara-acara yang mengundang banyak sekali partisipan termasuk di antara GEEKFEST yang diadakan tahun lalu yang berkolaborasi dengan komunitas-komunitas lain di Bandung. Meski demikian beberapa rekan-rekan engineer merasa membutuhkan acara sharing yang lebih teknis sebagai tempat berbagi best practice dan solusi masalah teknis. Oleh karena itu saya mengajak rekan-rekan untuk menginisiasi acara ini.

Format acaranya cukup sederhana. Setiap meetup akan memiliki topik khusus, seperti kemarin “Javascript Technologies”. Nanti akan ada presentasi pembuka dari rekan-rekan engineer yang menggunakan teknologi tersebut untuk masalah yang dihadapi. Sharing akan dilanjutkan dengan diskusi. Rekan-rekan yang hadir bisa mengutarakan masalah yang sedang dihadapi dan kemungkinan solusi yang bisa ditawarkan oleh teknologi yang sedang dibahas. Biasanya di diskusi ini rekan-rekan yang lain juga bisa menawarkan solusi lain untuk masalah yang sama atau yang mirip yang pernah dihadapi.

Sesi sharing pada meetup kemarin dibuka oleh Arisetyo yang mejelaskan tentang teknologi Javascript yang digunakan di Ohdio.fm. Ohdio adalah sebuah layanan music streaming yang menyediakan playlist berdasarkan mood. Pengunjung dapat memilih playlist sesuai dengan mood seperti ‘sedih’, ‘senang’, ‘galau’, dll dan mendengarkan lagu-lagu yang disediakan.

Arisetyo, atau lebih sering dikenal sebagai OmAri, bergabung dengan Ohdio untuk membangun wajah baru dari Ohdio. Tantangan pertama yang dihadapi oleh OmAri adalah keputusan untuk melanjutkan arsitektur yang ada atau menggunakan teknologi yang sudah familiar. Teknologi yang digunakan pada wajah lama Ohdio adalah Python di atas Tornado.

Berhubung OmAri memiliki latar belakang front-end engineer yang banyak berkutat dengan ActionScript dan Javascript, OmAri memutuskan untuk membangun ulang menggunakan Javascript. Keputusan ini juga didukung oleh perubahan wajah khususnya perubahan konsep layanan serta model bisnis Ohdio. Teknologi yang dipilih adalah DurandalJS untuk front-end dan NodeJS untuk bagian back-end. Framework DurandalJS dipilih karena kemudahannya untuk digunakan dalam membangun Single Page Application. DurandalJS ini sendiri merupakan pembungkus teknologi Knockout, RequireJS, dan jQuerySelain membahas tentang tantangan-tantangan teknis di Ohdio, OmAri juga banyak curhat bercerita tentang sejarah beliau di bidang teknis (ketauan umurnya) mulai dari VBScript, ActionScript hingga Javascript.

Sesi sharing selanjutnya diisi oleh Muhammad Ghazali atau yang biasa kita panggil dengan Ghanoz. Dalam sharingnya Ghanoz lebih terfokus pada pengembangan menggunakan NodeJS. Ghanoz membuka sharingnya dengan tulisannya Kalau ada yang bertanya apa itu Node.js tentang apa itu NodeJS, kelebihan-kelebihannya, dan tipe aplikasi yang relevan. Beberapa hal pendukung NodeJS yang juga diceritakan oleh Ghanoz antara lain ExpressJS sebuah web application framework untuk NodeJS, NodeUp podcast untuk NodeJS, Async utilities for Node.

Banyak sekali hal yang dibahas pada sesi diskusi, mulai dari penggunaan MongoDB pada NodeJS, desain dokumen MongoDB yang digunakan pada Ohdio, perbandingan mindset pada pemrograman asynchronous, hingga pemanfaatan WebSocket pada NodeJS dan PHP. Bahkan OmAri juga mendemokan contoh aplikasi sederhana untuk chatting menggunakan Node, Express, Socket.io, and Knockout.js.

Saya pribadi sangat senang dengan antusiasme yang ditunjukkan oleh rekan-rekan dan saya optimis bahwa acara ini dapat rutin diadakan setiap bulannya. Pada akhir acara, saya melakukan survey tentang topik yang menarik untuk dibahas pada meetup selanjutnya. Rekan-rekan yang lain rupanya masih antusias untuk melakukan pembahasan yang lebih luas mengenai Javascript terutama bagian front-endnya karena pada meetup kali ini lebih banyak ke back-endnya. Dan kemungkinan besar OmAri akan menunjukan banyak sekali tips dan triknya.

Tunggu tanggal main selanjutnya. See you again!

Leave a Reply