Email alumni.itb.ac.id dan Blog blogs.itb.ac.id

ITB telah mengeluarkan dua buah layanan bagi alumni yakni email forwarding dengan account alumni.itb.ac.id. Layanan ini, karena namanya email forwarding, tidak menyediakan fasilitas penyimpanan dan pengiriman email hanya sebuah alamat email yang nantinya akan meneruskan semua email yang masuk ke email yang sebenarnya. Bagi beberapa orang email dengan domain alumni.itb.ac.id mungkin dianggap cukup prestigious. Saya juga kurang tahu kenapa. Menurut saya, email dengan domain sendiri, seperti me[at]petrabarus[dot]net terlihat lebih bagus dan orang pun dengan melihat CV saya di, misalkan, LinkedIn saya juga akan tahu kalau saya alumni ITB.

Cara mendaftarnya mudah, jika masih ingat NIMnya. Karena layanan ini autentikasinya baru terdaftar untuk angkatan 2003 s.d. 2011, alumni yang tidak bisa mendaftar dapat mengirimkan scan ijazah. Nanti akan diverifikasi oleh penyedia layanan dan alumni bisa mengambil alamat email yang diinginkan.

Yah, tapi tidak rugi nampaknya kalau saya mengambil account di layanan forwarding ini. Saya kemarin mendaftar sebagai petra[at]alumni[dot]itb[dot]ac[dot]id. Awalnya saya merasa bingung, apakah akan mengambil alamat dengan nama petra saja ataukah petrabarus mengingat banyak account saya di internet memiliki nama petrabarus, seperti facebook.com/petrabarus, twitter.com/petrabarus, dan lain-lain. Akhirnya memutuskan mengambil alamat petra sebelum diambil pemilik nama Petra yang lain, hehe. Terlihat lebih keren, khan, kalau alamatnya pendek.

Karena NIM saya ada dua, berhubung saya S1 dan S2 di ITB, berarti saya bisa mengambil satu nama email lagi. Apa ya kira-kira? Maunya alamat yang lucu-lucu, misalnya saya.adalah@alumni.itb.ac.id, saya.baru.jadi@alumni.itb.ac.id, petra.adalah@alumni.itb.ac.id, petra.bukan@alumni.itb.ac.id. Kayaknya keren deh 😀

Satu lagi layanan dari ITB adalah Blogs.itb.ac.id. Di sini para civitas dapat mendaftarkan blog WordPress dengan domain blogs.itb.ac.id. Pendaftarannya cukup dengan menggunakan account AIII. Tapi saya kurang tahu bagaimana rekan yang lupa atau tidak mempunyai account tersebut dapat mendaftar. Blog ini, karena menggunakan WordPress, bisa disambungkan ke account WordPress.com kita dan juga bisa diakses melalui aplikasi WordPress di handphone (BlackBerry, dst)

Blog saya di ITB dapat diakses di http://blogs.itb.ac.id/petra. Ini rencananya akan diisi dengan tulisan saya seputar keseharian saya di kampus, yang sebenarnya saya harap tinggal tidak lama lagi Tapi yang jelas akan dipakai lagi ketika saya bisa kembali ke ITB lagi. 🙂

3 thoughts on “Email alumni.itb.ac.id dan Blog blogs.itb.ac.id”

  1. sebuah layanan yang bagus dan top markotop untuk merangkul dan mendata alumni dari kampus ITB semoga bisa jadi panutan bagi universitas yang lain.

Leave a Reply