Berusaha Membiasakan Diri

Melawan diri sendiri itu adalah hal yang paling sulit dilakukan di dalam hidup ini. Dan salah satu hal dari diri sendiri yang harus ditaklukkan adalah kebiasaan buruk. Saat kita melakukan kebiasaan buruk mungkin kita tidak pernah sadar kalau yang kita lakukan itu buruk. Tapi suatu saat cepat atau lambat kita akan menuai akibatnya.

Saat kita merasakan akibat buruk ini, kita pasti seringkali mendeklarasikan kepada diri untuk tidak meneruskan kebiasaan buruk. Tapi seringkali juga setelah melewati masa-masa buruk kita langsung lupa terhadap janji itu. Dan begitu terus, hal ini terjadi bagai siklus.

Saya sendiri punya seribu satu kebiasaan buruk. Sebagai contoh, saya sering tidur dengan masih mengenakan kacamata. Dan akibatnya seringkali saat bangun, kacamata itu gagangnya patah, lensanya lepas, atau bahkan pernah pecah dan hampir melukai mata.

Tapi sekarang sudah jarang sekali saya tertidur masih mengenakan kacamata. Saya pernah baca di blognya pak Armein (kalau tidak salah) bahwa untuk menjadikan sesuatu sebagai kebiasaan, kita harus melakukannya terus menerus selama minimal 21 hari.

Saya kurang tahu juga mengapa 21. Tapi setelah saya coba cukup manjur juga rasanya. Sekarang ketika saya hendak tidur dan masih mengenakan kacamata, saya selalu mengalami perasaan bersalah yang entah datang darimana. Kemudia setelah saya meletakkan kacamata di meja, perasaan jadi lega.

Sudah ada beberapa kebiasaan lain yang telah saya ubah. Misalnya sekarang saya setiap hari jalan kaki ke kampus, saya setiap minggu selalu jalan kaki di Car Free Day Dago, saya selalu mematikan komputer sebelum tidur, dll. Ketika saya tidak melakukannya, saya mengalami perasaan bersalah yang mendorong saya untuk melakukannya.

Meski demikian ada juga kebiasaan yang masih sulit dibentuk terutama soal pola makan dan olahraga. Belakangan ini saya sering makan makanan yang seharusnya tidak saya makan. Misalnya udang. Akhir tahun lalu saya pernah makan udang sehingga akhirnya saya alergi. Gatal-gatal seharian. Dan memang sulit untuk menolak godaan makan udang. Karena udang itu enak. Pernah saya nekat makan udang lagi, berharap alerginya tidak kambuh. Besoknya saya langsung terkapar di tempat tidur.

Ya, bagi saya kalau sudah soal makanan dan olahraga, sangat susah untuk mengubah kebiasaan.

Semoga bisa!

Leave a Reply