Debat

Paling kesel kalo diajak debat dengan orang yang seperti ini. Mereka mengajak debat bukan untuk membicarakan apa yang benar, tapi untuk mengukuhkan apa yang mereka anggap benar. Terlebih lagi mereka yang hanya ingin mencari muka di depan orang lain. Just for gaining confident.

Ketika mereka berhasil memojokkan lawan debatnya, mereka tersenyum lebar dan merasa sebagai pemenang, terlepas dari apakah yang mereka pegang adalah benar dan apakah hal tersebut memang berguna bagi mereka di masa yang akan datang. Ketika mereka terpojok, mereka akan memutarbalikkan situasi menjadi seakan-akan mereka adalah orang tidak berdaya yang tertindas.

Orang-orang seperti ini akan menghabis-habiskan detik demi detik yang berharga dalam hidup kita. Menurut pengalaman, sangat mudah untuk mengidentifikasi orang seperti ini. Karena mereka hanya bertujuan untuk meraih kepercayaan diri terhadap apa yang mereka pegang, biasanya mereka hanya berputar-putar di sebuah argumen yang sama tak peduli argumen lawan apakah yang kita keluarkan.

Dan ini selalu mengarah kepada diskusi yang sangat tidak sehat.

Don’t waste your precious time for them. 🙂

Leave a Reply