Bad Mood Gara-Gara Komputer Rusak

Dua minggu ini gw dibuat kesal oleh kelakuan komputer gw sendiri. Gimana enggak, komputer yang isinya banyak kerjaan penting dan dokumen-dokumen penting udah dua minggu ini sulit dipakai.

Kekesalan ini bermulai dari saat gw bermain game tiba-tiba listrik di rumah mati. Begitu dinyalakan, monitor menyala tapi tidak menampilkan apa-apa. Bahkan tidak ada tulisan “No Signal”. Oke, gw langsung berasumsi Graphic card gw langsung rusak.

Saat gw menarik kesimpulan diagnosa itu, badan gw langsung lemes mikirin harga Graphic Card. Mungkin memang gw harus mengurangi main game. Tapi graphic card itu gw pakai bukan hanya untuk main game, tapi juga untuk mengerjakan topik Tesis gw yang seputar General-purpose computing on graphics processing units (GPGPU). Dan itu paling tidak harus memakai graphic card yang lumayan high-end.

Gw langsung menggotong komputer gw itu ke BEC. Proses ini benar-benar menyakitkan gara-gara kaki gw masih sakit dan cuaca bandung yang kurang bersahabat. Dan selain itu gw tuh suka bingung di mana tempat servis komputer di BEC. Ngeliat sana-sini kenapa semuanya itu biasanya toko aksesoris komputer. Setelah beberapa kali keliling dan keluar masuk toko akhirnya ketemu juga toko yang bisa servis komputer.

Ada berita baik dan buruk yang gw dapat ari tukang servis komputer. Berita baiknya adalah graphic card gw gak apa-apa. Berita buruknya adalah ternyata analog port dari graphic cardnya rusak, harddisk gw jadi banyak bad sector, dan sistem operasi Windows XPnya gak bisa diload. Tapi untung port yang satu lagi bisa dipakai dan masih ada sistem operasi Ubuntu jadinya bisa dipakai buat backup. Gak enak sama tukang servisnya yang gak ngasih tarif. Gimana yah, mau ngasih tarif juga kok keknya gampang banget, tapi gak mau ngasih tarif juga gw ngerasa gak enak gara-gara gw sendiri gak bisa nemuin salahnya.

Beberapa hari setelah itu komputernya rusak lagi. Kali itu gara-gara tersambar petir. Bandung belakangan memang sering hujan badai. Kejadiannya juga saat gw lagi main game. Berusaha menamatkan game yang tertunda gara-gara kerusakan sebelumnya. Saat itu gw sadar lagi badai petir. Tapi yang gw gak sadar adalah gw udah gak makai UPS lagi gara-gara udah lama rusak.

Dan gw baru tau yang namanya tersambar petir itu seperti itu. PSU gw meledak.

And that’s it, gw langsung pundung sepundung-pundungnya. Udah males ngapain-ngapain soalnya kerjaan banyak di sana. Dan untuk ngegotong ke BEC pun gw kebayang-bayang penderitaan beberapa hari sebelum itu. Akhirnya gw memutuskan untuk membeli PSU yang baru dan memasangnya sendiri. Tapi ini juga baru beberapa hari setelah rusak karena gw sibuk banget belakangan.

Ternyata PSU itu mahal. Gw beli merk Simbadda 450W harganya sekitar 400 ribu. Tanpa keliling toko buat nyari yang lebih murah, gw langsung membeli tu PSU. Ada halangan rupanya yang membuat gw gak bisa langsung membeli. Tokonya kesulitan untuk melakukan debit BCA gara-gara koneksinya terganggu. Dan gw harus naik turun lantai gedung buat mengambil uang.

Sepertinya kalau memang tidak jodoh, apapun yang kita lakukan menjadi sia-sia. Gw udah capek-capek beli itu PSU. Pulangnya dari BEC hati gw berbunga-bunga membayangkan pekerjaan gw bakal jadi lancar lagi sore itu. Tapi tidak. Setelah gw pasang, gak taunya graphic cardnya rusak juga. Dicoba port analog gak bisa, dicoba port digital juga gak bisa.

Dan gw sekarang bener-bener fed up sama keadaan ini. (Ditambah keadaan lain yang ngebikin gw very bad mood)… Argh!

7 thoughts on “Bad Mood Gara-Gara Komputer Rusak”

  1. Smile though your heart is aching..
    Smile even though it’s breaking..
    When there are clouds in the sky, you’ll get by..
    If you smile through your fear and sorrow..
    Smile and maybe tomorrow..
    You’ll see the sun come shining through for you..

    🙂

  2. PSU simbadda 400 ribu? dulu rasanya PSU keluaran simbadda itu termasuk kelas menengah kebawah, harganya 100-200 ribu. 400 ribu dapet PSU Enlight yang powernya pure bener2 400 watt.

    gak salah bos?

  3. gan.. PSU Simbaddut nya masih OK ga? gw baru beli juga nih sblm ngerusak mesin, ragu pake, tapi bismillah.. kasih advise ya, pengalaman baik burunya… mail me : cheppynov@gmail.com

    btw thesis nya keren juga gan… ane programmer DirectX dulu waktu kul.. mungkin bisa share…

    tx gan
    salam

Leave a Reply