Membuat Compiler/Interpreter Bahasa Sendiri

Seringkali di sebuah domain persoalan kita membutuhkan sebuah perangkat pemrograman untuk menyelesaikan masalah. Berbeda dengan general purpose programming language seperti Java, C, C++, dan lain-lain, ada beberapa bahasa pemrograman yang diciptakan hanya untuk dipakai pada permasalahan tertentu. Bahasa seperti ini disebut DSL atau Domain specific language. Untuk membuat bahasa-bahasa baru seperti ini dibutuhkan kemampuan untuk membuat compiler atau interpreter bahasa tersebut.

Pak Joe baru merilis sebuah tutorial sederhana bagaimana membuat compiler atau interpreter untuk sebuah bahasa pemrograman. Tutorial bisa dibaca di sini. Sejauh yang saya baca, tutorialnya cukup sederhana tapi lumayan komprehensif: mengenalkan kita kepada konsep parsing, abstract syntax tree, assembly, dan lain-lain.

Well, kebetulan saya gak sempat ngambil mata kuliah Teknik Kompilasi, tapi menurut saya ini cukup berguna buat pengenalan awal.

8 thoughts on “Membuat Compiler/Interpreter Bahasa Sendiri”

  1. tutorialnya masih terus diedit dan ditambahkan, hari ini ada beberapa diagram/gambar yang baru ditambah. Baca berulang2 bisa bikin tambah ngerti 😀 tapi kalau sambil dicoba lebih baik lagi (siapa tau ada yg salah). Ditunggu inputnya ya

  2. bagaimana cara membuat compiler software javaSDK yg kompatibel dengan sistem operasi command prompt 32 bit protected mode? Jangan terlalu banyak teori tapi gak bisa ciptakan bahasa baru. malas bacanya. thx

  3. Kebetulan sekali saya lagi belajar Automata dan lagi ada tugas membuat compiler dengan bahasa C atau Java, lagi mau nyari referensi dan contoh2 program.

    Thanks ya gan informasinya…segera meluncur

  4. Wah, saya sama dengan bung Sofwan.. lagi belajar automata dan pengen buat compiler/interpreter dengan java..
    Kita bisa berbagi info ni bung..

  5. Pingback: Buy Fans
  6. saya mahasiswa baru bisakah yang segan memberi ilmunya kepada saya.
    saya sudah setting java saya saya masuk ke_cmd nah, sebelumnya saya sudash memncoba membuat file java yang saya copy dan sedikit saya ubah textnya seperti “public class opi” filenya juga saya buat nama yang sama opi.java!
    lalau saya mulai proggram, seperti javac opi.java, saya langsung karena file saya tidak saya pindah kemana-mana. jadiiiiiiiii kenaapa tidak berhasil ya?????

Leave a Reply