Maling-Maling IP di Labtek Benny

Satu hal yang paling gw benci kalo internetan di Labtek Benny ITB adalah banyak maling-maling IP…. Well, mungkin bagi sebagian orang, notebook adalah sebuah kemewahan. Tapi buat mahasiswa Informatika, notebook sudah merupakan kebutuhan primer untuk perkuliahan. Meningkatnya jumlah pemakaian notebook pada mahasiswa Informatika berarti meningkatnya kebutuhan alamat IP. Sedangkan kita tau IPv4 sudah mulai terbatas dan semuanya harus pakai IP 167.205.*.* kalau ingin menggunakan account AIII dengan nyaman.

Sialnya, masih banyak mahasiswa yang berusaha nyolong2 IP static. Padahal di milis sudah dihimbau

Dengan Hormat

saya mewakili admin IF ingin menyampaikan:

melihat keadaan jaringan di IF, banyak yang melakukan pengesetan alamat IP statik di
laptopnya untuk terhubung dengan jaringan IF. perlu diketahui bahwa kegiatan tersebut
berdampak pada kegiatan yang membutuhkan jaringan seperti praktikum di labdas dan
menganggu aktivitas rekan-rekan lain yang sedang menggunakan jaringan.

Saya menghimbau untuk tidak melakukan pengesetan alamat IP statik di laptop atau komputer
desktop rekan-rekan. jika ingin memperoleh alamat IP secara otomatis, dapat mendaftarkan
mac address laptop atau komputernya di ruang teknisi dan bengkel lantai 3 labtek 5.

atas perhatian rekan-rekan saya ucapkan terima kasih.

jika ada pertanyaan atau keluhan silahkan e-mail ke admin@students.if.itb.ac.id

Dan gw pernah merasa kesel banget. Suatu saat gw pengen ngebuat sistem pengumpulan buat tugas mata kuliah IF3038 Pemrograman Internet. Dan tiba-tiba pas ngakses servernya kok malah yang keluar tampilan IIS, padahal khan gw pake Apache. Bener-bener ngeselin. Untung gw pasang status YM. Orangnya mungkin ngeliat terus ganti IP yang lain. Hehe.

Yah, sebagai sesama anak IF saya tuh malu melihat mahasiswa IF sekarang kayak gak punya etika. Kalau mau nyolog IP statis paling gak di ping dulu IP yg mau dipake ato discan dulu IP yang lagi kosong.

Kalo kata Fajar, “IPv6 dong!”
Hehe.

7 thoughts on “Maling-Maling IP di Labtek Benny”

  1. Kalau mau nyolog IP statis paling gak di ping dulu IP yg mau dipake ato discan dulu IP yang lagi kosong.

    gimana caranya nge-ping, pet?? kan belum konek.. 😛
    tapi ya.. tinggal ke lantai 3 daftarin MAC address aja kok susah ya.. = =’

Leave a Reply