23.59

23.59

Adalah sebuah waktu yang sepertinya sangat penting di Labtek V (sampe sekarang gak rela manggil Benny-something). Dari jaman dulu (jaman gw TPB at least) yang namanya deadline tugas itu hampir selalu jam 23.59.

Semester lalu deadline banyak yang dijadikan jam 17.00 karena masalah keamanan dan larangan untuk berada di kampus pada malam hari. Tapi sekarang sepertinya sudah mulai kembali menjadi jam 23.59.

Kenapa sih harus jam 23.59?

Pertama, kalau ditanya kapan deadline, selalu dijawab dengan harinya dan gak pake jam. Misalnya sekarang deadline tugas nanti tanggal 18 Maret, jam 23.59 mengisyaratkan, selama tanggal belum berubah, masih dapat dikumpulkan. ^_^ Jadi akan sangat lebih mudah mengatakan tugas dikumpulkan paling lambat tanggal 18 Maret, daripada 18 Maret pukul 17.00 😛

Kedua, kemudahan dalam hal pengecekan. Misalnya ada runtunan,

18-03-2009 23:48:39
18-03-2009 23:49:32
18-03-2009 23:50:24
18-03-2009 23:51:16
18-03-2009 23:55:21
18-03-2009 23:56:52
18-03-2009 23:59:21
19-03-2009 00:01:16
19-03-2009 00:02:11
19-03-2009 00:02:25

Terlihat dengan contoh di atas, dengan sangat mudah memisahkan yang telat. Karena hanya dengan memeriksa 2 buah karakter awal string pada setiap line kita bisa langsung tau siapa yang telat siapa yang tidak :mrgreen:

Bandingkan dengan

18-03-2009 16:48:39
18-03-2009 16:49:32
18-03-2009 16:50:24
18-03-2009 16:51:16
18-03-2009 16:55:21
18-03-2009 16:56:52
18-03-2009 16:59:21
18-03-2009 17:01:16
18-03-2009 17:02:11
18-03-2009 17:02:25

Terlihat masih mudah untuk dipisahkan. Tapi coba kalo banyak dan gak terurut (misal kita ingin mengurutkan bukan berdasarkan tanggal, tapi NIM atau nilai). Pasti capek deh 😀 Dan membuat kode program atau macro di spreadsheet akan lebih memakan waktu untuk hal-hal yang kecil seperti itu.

Ketiga, yang cukup penting, adalah mengurangi kemungkinan mengganggu kuliah. Waktu aktif kuliah adalah pada jam 07.00 sampai dengan 17.00.   Kita mungkin semua tahu bahwa sebagian besar anak IF mikir gak pake otak, tapi pake adrenalin. Maksudnya adalah, semakin dekat dengan deadline, pasti anak IF semakin jago ngerjain tugasnya. Dan menurut observasi, waktu efektif pengerjaan tugas adalah dari mulai 5 jam sebelum deadline. Coba kita pasang tenggat waktu pada jam 17.00, dengan demikian waktu efektif pengerjaan tugas dimulai dari 12.00. Setelah makan siang. Alhasil biasanya kuliah-kuliah setelah makan siang akan terganggu.

Sebagai contoh, pengalaman kuliah RPLnya Bu Yani saat gw tingkat 2. Karena pada saat itu jam 17.00 ada 3 tenggat tugas: Pemrograman Berorientasi Obyek, Rekayasa Perangkat Lunak, dan juga Strategi Algoritmik; alhasil kuliah Bu Yani hanya diikuti oleh 1/6 peserta kelas (Maaf, Bu, saya salah satu pelaku bolos kelas *worship*). Yah begitulah, rekan-rekan 2006, masih ada kejadian yang jauh lebih menyakitkan daripada yang kalian alami semester 5 kemarin.

Ada beberapa opsi selain 23.59 untuk hal ketiga tersebut tapi sayangnya sama-sama tidak menguntungkan:

  • Pagi hari, katakanlah 07.00. Kalau yang ini biasanya mengerjakannya mulai dari pagi-pagi buta. Udara pagi memang biasanya membuat semangat. Tapi setelah mengumpulkan tugas, pasti biasanya di kelas pagi langsung pada lelah dan tidur pada saat kuliah. Selain itu biasanya tukang fotokopi masih belum buka. Dan juga, akan sangat tidak aman bagi mahasiswi kalau harus pergi ke tempat temannya pagi-pagi hari. Terakhir, mahasiswa/i akan mengalami tidur yang sangat tidak tenang karena memikirkan tugas yang harus dikumpulkan pagi harinya dan memikirkan waktu bangun pagi yang pas supaya masih bisa mengerjakan.
  • Siang hari, katakanlah jam 12.00. Kalau yang ini cukup pas. Tapi biasanya mengganggu kuliah pagi juga, karena banyak yang biasanya mengerjakan sambil mendengarkan kuliah. Dan setelah pengumpulan tugas, biasanya tenaganya sudah sangat terkuras dan tidak bisa memperhatikan kelas selanjutnya.

Paling baik memang jam 23.59, karena para mahasiswi bisa berkumpul di tempat kerja temannya sebelum larut malam. Buat mahasiswa juga ada kesempatan buat nganterin mahasiswi kecengannya pulang. Selain itu, tukang fotokopi biasanya masih buka sampai jam 11 malam. Setelah pengumpulan tugas, masih ada waktu sekitar 6 jam, cukup untuk tidur yang nyenyak tanpa beban apa pun dan bisa bangun pagi untuk mengikuti kuliah dengan badan dan pikiran yang segar!

Well, moralnya adalah mau tenggat waktu kapan pun, asal gak deadliner, pasti baik-baik saja kok 😛 Tapi ya itu, susah juga sih kalo tugas udah banyak banget. Pintar-pintarnya bagi waktu lah. ^_^

Akhir kata, pesan sponsor saya: buat yang ngerjain tugas progin, selamat mengerjakan dan tetap semangat!

Link terkait:

7 thoughts on “23.59”

  1. Cerita lucu mengenai deadline 3 tugas adalah,
    pengajar OOP, Bu Inge, malah ngomel-ngomel di kelas karena kita gak bilang kalo ada deadline 3 tugas bersamaan…… yang menurut beliau melanggar beban SKS….

    *mana kita tau, Buuuuu*

    udah capek, bolos kuliah, masi kena omel pula….. *sigh*

  2. deadline Cinderella
    ada alternatif lain :
    09.00
    atau
    15.00

    kan if2006 kuliahnya pagi2 nih
    Gimana kalau deadlinenya pakai sistem Little Mermaid? 18.00 😀

Leave a Reply