Satuan Kredit Semester

SKS atau Satuan Kredit Semester adalah sebuah satuan kegiatan akademis yang harus dilaksanakan oleh mahasiswa.

Untuk S1, 1 SKS terdiri dari 1 jam tatap muka, 1 jam kegiatan terstruktur (baca: tugas, tugas besar, praktikum, dan penderitaan terselubung lainnya), dan 1 jam belajar mandiri (baca: ngapal slide, nyalin catatan temen, baca buku, nyiapin contekan) setiap minggunya.

Okay, untuk S2 ternyata lebih berat. Satu SKS terdiri dari 1 jam tatap muka, 2 jam kegiatan terstruktur (yang beda dari S1 adalah tambahan presentasi, diskusi, dan makalah), dan 2 jam belajar mandiri (tambahan: googling makalah orang dan download ebook-ebook tebel).

Agak memilukan menyadari bahwa persepsi mengenai S2 itu nyantai ternyata salah. SKS maksimum per semester yang dapat diambil di S2 itu adalah 12 SKS. Berarti 60 jam akademis seminggu. Sementara itu SKS maksimum per semester yang diambil di S2 itu (normalnya) adalah 18 SKS. Berarti 54 jam akademis setiap minggunya. Jauh lebih sedikit daripada S2.
(note: 1 jam akademis = 50 menit, bisa jadi 70 menit kalo dosennya bersemangat, ataupun cuman 20 menit kalo dosennya lagi males)

Gw semester ini ngambil 9 SKS S1 dan 6 SKS S2. Berarti 9 x 3 + 5 x 6 = 57 jam akademis.

Well, boro-boro mau belajar 30 jam seminggu buat kuliah S2. Kuliah S1 aja cuman efektif dipakai 50 menit per minggu per SKS. Dan itu pun udah bersih minus tidur di kelas, minus ngobrol, minus bolos, plus ngerjain tugas besar (makanya namanya tugas besar)…

3 thoughts on “Satuan Kredit Semester”

  1. Hmm..,….

    malesnya tuh tugas”nya.. mana yang harusnya 2 sks (2×50 menit =100 menit) nyatanya.. selesai dalam 4 jam… wkwkwkwkkw. :). (Mekanika Teknik bangett!!)

    Lohh,, waktu tuk bersenang”nya kapan dong??

Leave a Reply