Kenapa Web Standard?

Tugas besar Pemrograman Internet kali ini adalah untuk menyusun sebuah situs mirip jejaring sosial yang berisi profil-profil diri dari anggota kelompok yang terkait satu sama lain menggunakan hyperlink. Salah satu poin yang gw propose di spesifikasi tugas besar tersebut adalah Web Standard compliance.

Apa sih itu Web Standard? Web Standard adalah sebuah teknologi atau spesifikasi yang telah disusun untuk membuat atau menginterpretasikan konten berbasis web. Standar-standar ini didefinisikan terutama oleh World Wide Web Consortium. Setiap pengembang web seharusnya mengikuti standar yang telah ditetapkan tersebut. Dan untungnya Pak Riza, dosen yang bersangkutan, sangat setuju dengan adanya spesifikasi tersebut.

Kenapa sih harus ikut Web Standard?

Perkembangan WWW diikuti dengan adanya produk browser yakni aplikasi untuk membuka dokumen di internet. Dulu orang berlomba-lomba membuat browser dengan fitur-fitur tertentu sampai akhirnya terdapat teknologi-teknologi yang membuat dokumen yang diterima lewat internet menjadi lebih indah (stylesheet) dan lebih dinamis (script). Awalnya orang masih belum mengenal yang namanya stylsheet dan juga belum terdapat scripting yang general sehingga masing-masing browser menawarkan fitur tersebut. Teknologi ini awalnya hanya berjalan pada sebuah merk browser, tapi lama kelamaan produk browser lain memberikan fitur kompatibilitas untuk teknologi pada browser lain.

Selain itu kadang kala, untuk sebuah dokumen yang sama, setiap browser menginterpretasikannya bisa bermacam-macam. Hal ini memberikan user experience yang berbeda-beda untuk setiap pengguna pada browser-browser tersebut. Selain itu juga dapat membuat pengembang web menjadi frustrasi karena harus memeriksa kompatibilitas dokumen yang dibuat dengan seluruh browser yang ada dan memastikan bahwa dokumen yang dibuat dapat memberikan user experience yang sama pada banyak browser. Oleh karena itu, dibuatlah standar-standar untuk memudahkannya.

Sekarang ini, mungkin untuk beberapa hal masih belum terasa dampaknya. The Web Standard Project memberikan 2 buah keuntungan mengikuti standar web.

  1. Aksesibilitas
    Aksesibilitas di sini terdiri dari 2 macam. Web harus dapat diakses dengan mudah oleh pengguna dan juga mesin.
    Dokumen yang memenuhi standar akan mudah diindex oleh mesin pencari. Informasi yang terstruktur dengan rapi pada dokumen akan memudahkan mesin pencari menginterpretasikan dan memilah-milah informasi yang terdapat pada halaman web dengan lebih akurat. Standard sudah ditulis sedemikian sehingga browser lama masih dapat mengakses informasi yang terdapat pada dokumen dengan mudah. Selain itu dokumen yang memenuhi standar dapat dengan mudah dikonversi ke dalam format lain seperti database atau dokumen kantor.
  2. Stabilitas
    Standar yang telah ditetapkan memfasilitasi data yang direpresentasikan dengan standar lama tetap dapat dijalankan dengan baik pada standar sekarang.  Selain itu data yang ditulis dengan standar baru, meski mengalami degradasi, tapi tetap dapat menampilkan hasil yang cukup baik pada browser lama.

Secara pribadi, gw jarang ambil pusing kayak ginian… Dulu tuh semangat banget sama ginian, sampe blog ini sebenernya dulu XHTML standar.. Tapi sekarang jadi males maintain… Ya sudah lah 😀

5 thoughts on “Kenapa Web Standard?”

  1. “Standard sudah ditulis sedemikian sehingga browser lama masih dapat mengakses informasi yang terdapat pada dokumen dengan mudah.”

    sepertinya, yg di atas ngga berlaku utk semua peramban. Misalnya, CSS di peramban IE5 & IE6 yg perlu perlakuan khusus. XHTML 1.1 ke atas yg terbaca sbg HTML (quirksmode) oleh IE5 IE6. cmiiw ya.. 🙂

    sbg pengguna Internet dgn bandwidth terbatas, disable image-flash-javascript adalah hal yg rutin. itu bisa termasuk pengguna differently able (difabel) jg kan ❓ 😀 jd terasa sekali presentasi web yg aksesibel-standar web dan yg tdk.

    dosennya pak Riri Satria Perdana ya..salam aja ya..kali aja pak Riri masi inget [pas lomba blog open source].. 🙂

Leave a Reply