Jalur Bebas Hambatan Masuk ITB

Baru baca ketentuan dari USM ITB tahun 2009

Bagi para peraih medali emas di salah satu Olimpiade Keilmuan Tingkat Nasional, yang hanya berminat untuk memilih program studi di ITB yang sesuai dengan bidang olimpiade yang diikutinya, dapat menjadi calon mahasiswa ITB tanpa mengikuti program PMBP-ITB 2009.

Sumber

Lihat yang digarisbawahi.

Akhirnya pak Menteri Pendidikan menepati janjinya! Teringat kemarin pas ikutan bantu-bantu di Olimpiade Sains Nasional di Makassar, pak Menteri pada saat pembukaan acara mengumumkan bahwa peraih medali emas OSN akan diberikan keringanan untuk dapat masuk ke perguruan-perguruan tinggi negeri favorit tanpa harus tes.

Sebagai seorang pemerhati olimpiade komputer siswa sekolah menengah di Indonesia ini (yah, cuman pemerhati, sih :P) gw bener-bener salut dengan adanya kebijakan ini. Gw pribadi udah beberapa kali ikut bantu-bantu di acara pembinaan olimpiade ini. Dan gw melihat beberapa peserta banyak yang ragu-ragu dan cenderung gak fokus karena mereka masih bingung harus fokus di persiapan masuk perguruan tinggi atau mempersiapkan diri ke olimpiade tingkat internasional. Dengan adanya kebijakan ini, peserta bisa lebih fokus ke pelatihannya karena jaminan masuk perguruan tinggi sudah aman. Selain itu bisa meningkatkan gengsi keikutsertaan olimpiade nasional karena salah satu keuntungannya bisa masuk perguruan tinggi favorit dengan mudah.

Semoga para peserta olimpiade sains dapat lebih terpacu untuk meningkatkan kualitas.

14 thoughts on “Jalur Bebas Hambatan Masuk ITB”

  1. bersedihlah mereka yang di OSN pertamanya dapet perak/perunggu, lolos pelatnas 1, dan nggak boleh ikut OSN lagi. sementara mereka yang ngga lolos pelatnas 1 bisa ikut OSN lagi (dan punya peluang besar untuk dapet emas).

    *which happens to be my case *

  2. Wah, tapi kok itu tertulisnya masih “calon” yah, apa masih ada kemungkinan enggak diterima ?
    Berhubung itu juga masih harus ikut bridging program…

    @vN : Lho peraturannya sekarang gitu ya ? Walopun uda dapet medal di OSN tapi klo gak lolos Pelatnas I masi bole ikut OSN ? Perasaan dulu kak Brian bilang ke kitanya uda ga bole ikut OSN lagi kan ? Terlepas dari kita lolos atau tidaknya di Pelatnas I ?

  3. @karol :
    nasib mu nak,,,, toh lo udah masuk, ini… lagian itu gak berlaku buat masuk IST keknya 😀

    @timotius :
    ya khan kalo belum daftar ulang belum sah jadi mahasiswa…. (eh, ato kalo belum ikut upacara penerimaan yah….)
    eh, mesti ikut bridging? buat?

  4. khan udah gw bilang

    ya khan kalo belum daftar ulang belum sah jadi mahasiswa…. (eh, ato kalo belum ikut upacara penerimaan yah….)

    kayaknya masi gak ada keringanan spp

  5. permisi…
    bagaimana cara memamfaatkan program tersebut?? bagaimana cara mendaftar? saya ingin berkuliah di ITB dan kebetulan saya juga meraih medali osn 2012. Terima Kasih.

Leave a Reply