Ubuntu TOKI Remix

Photobucket Ubuntu TOKI Remix adalah paket LiveCD Ubuntu yang telah dikembangkan dan dipaketkan ulang untuk kebutuhan pembelajaran bagi siswa yang berminat di dalam bidang pemrograman untuk olimpiade komputer Indonesia. Berbeda dengan paket Ubuntu biasa, paket TOKI Remix ini berisi aplikasi-aplikasi standar yang dibutuhkan dalam pemrograman dan juga buku-buku pembelajaran serta soal-soal latihan.

Dengan menggunakan LiveCD ini siswa dapat belajar dan berlatih secara mandiri tanpa harus repot-repot melakukan instalasi aplikasi dan juga mencari-cari buku pelajaran dan soal-soal latihan. Siswa hanya tinggal memasang LiveCD pada komputer mana pun yang kompatibel (spesifikasinya tidak terlalu memberatkan) dan kemudian belajar dan berlatih pada lingkungan yang disediakan pada LiveCD.

Berikut adalah tampilan penggunaan LiveCD ini

Photobucket
tampilan desktop. (click to enlarge)

Photobucket
pemakaian program Freepascal

Photobucket
tampilan boot

Setelah sampai pada desktop, terdapat aplikasi-aplikasi serta menu yang disediakan pada desktop tersebut
Aplikasi yang dipaketkan antara lain

  • FreePascal 2.2.0
  • Kate

Buku-buku referensi yang dipaketkan antara lain

  • Handbook TOKI
  • C Programming untuk Pascal Programmer (oleh Ibu Inggriani Liem)
  • Aspek Pedagogi Pengajaran Pemrograman Pertama (oleh Ibu Inggriani Liem)
  • Konsep Pemrograman (oleh Pak Yohanes Nugroho)
  • Materi Uji Seleksi TOKI (oleh Pak Suryana Setiawan)
  • Program Kecil C (oleh Ibu Inggriani Liem)
  • Program Kecil Pascal (oleh Ibu Inggriani Liem)
  • Pseudo Pascal (oleh Pak Suryana Setiawan)
  • Referensi Pascal (oleh Pak Windra Swastika dan Pak Fauzan Joko)
  • International Olympiad of Informatics Manuals

Soal-soal latihan yang juga dipaketkan antara lain

  • Asian Pasific Informatics Olympiad (tahun 2007 dan 2008 )
  • International Olympiad of Informatics (tahun 2005, 2006, dan 2007)
  • Olimpiade Sains Nasional (tahun 2005, 2006, dan 2007)
  • Olimpiade Sains Propinsi (tahun 2006 dan 2007)
  • Pelatihan Jarak Jauh (tahun 2008 )

Dengan adanya aplikasi dan buku yang telah dipaketkan, siswa dapat langsung belajar dengan menggunakan LiveCD ini. Akan tetapi karena masih terdapat beberapa keterbatasan, hasil latihan tidak dapat disimpan pada CD. Jika siswa pengguna menyimpan hasil latihan pada CD maka hasil latihan ini langsung hilang begitu LiveCD dimatikan. Oleh karena itu perlu media penyimpanan tambahan seperti flashdisk.

Selain dipakai sebagai LiveCD, CD ini juga dapat digunakan pada lingkungan sistem operasi Windows. Ketika dibuka di Windows, CD ini akan menampilkan teks bacaan tentang panduan penggunaan CD ini. Panduan ini berisi keterangan mengenai pengaksesan aplikasi dan buku referensi yang telah dipaketkan. Adapun buku referensi dan soal latihan adalah yang seperti disebutkan di atas. Sementara aplikasi yang dipaketkan antara lain adalah program instalasi FreePascal dan instalasi DevCpp.

Photobucket

CD ini dirilis pada acara Olimpiade Sains Nasional 2008 di Makassar yang diadakan pada tanggal 8 s.d. 13 Agustus kemarin. Yang menerima CD ini antara lain para peserta OSN bidang komputer yang berjumlah 94 anak dan juga 13 orang guru yang diundang mewakili Indonesia Timur pada simposium guru OSN.

Diharapkan CD ini dapat digandakan dan disebarluaskan sehingga siswa-siswa yang berminat untuk mengikuti OSN dapat mendapatkan CD ini dari kakak kelas atau pun guru mereka yang telah mendapatkannya terlebih dahulu.

Hal yang menarik dari LiveCD ini adalah biaya pembuatannya yang mahal. Kenapa?
Karena bahkan untuk proses pelabelan dan penempelan cover pun butuh seorang direktur sebuah politeknik di tepi danau Toba, dua orang kepala jurusan di sebuah universitas negeri ternama di Yogyakarta dan Surabaya, dan juga dosen di universitas ternama di Depok. 😆
Photobucket
Proses produksi pemasangan cover dan label.

Ubuntu dan logo Ubuntu adalah hak dagang dari Canonical Ltd.
LiveCD ini dibuat untuk diperuntukkan bagi kepentingan pendidikan. Pengembang sangat mendukung pengembangan, penggandaan, dan penyebaran dari LiveCD ini.
Untuk pertanyaan dan diskusi harap ditanyakan di milis tokinet

15 thoughts on “Ubuntu TOKI Remix”

  1. arrghh cem apa awak disuruh ngisi penjumlahan buat posting sebuah komen disini, paranoid banget sih :p

    thanks ya atas bantuannya 😀 sekrang bisa mengkustomisasi tampilannya sehingga OSGX nya dah bisa nampilin bokongnya yang semok itu di halaman depan hehehe

Leave a Reply