Selamat Untuk Tim Antarmuka

Baru dapet berita

Selasa, 8 Juli 2008 | 20:12 WIB

LOUVRE, SELASA – Tim Antarmuka Institut Teknologi Bandung dengan sistem desain piranti lunak (software) Butterfly dipilih oleh empat juri internasional menjadi pemenang Imagine Cup 2008 untuk kategori Rural Inovation Award. Pengumuman pemenang dilakukan dalam sebuah acara yang dihadiri ribuan undangan dari di Louvre, Paris, Perancis, Selasa (8/7).

Tim Antarmuka ITB terdiri dari tiga mahasiswa Sekolah Teknik Elektro dan Informatika ITB dan seorang mahasiswa fakultas seni rupa dan desain ITB. Mereka adalah Arief Widiyasa, Ella Madanella, Dimas Yusuf Danurwenda, dan Erga Ghaniya. Keempatnya adalah mahasiswa semester enam. Mereka didampingi mentor Dwi Hendratmo Widyantoro, dosen STEI ITB.

“Kami ingin melibatkan masyarakat untuk melapor sekaligus mengawasi bagaimana masalah lingkungan atau masalah lain ditangani otoritas dan lembaga swadaya masyarakat. Akhirnya, kami ingin sistem ini menjadi sarana untuk mencegah pembiaran kerusakan lingkungan,” ujar Arief, pimpinan proyek Butterfly.Tim Antarmuka ITB mengalahkan empat finalis lain dari Kolumbia, Mesir, India, dan Afrika Selatan.

Sistem Butterfly yang diciptakan Tim Antarmuka adalah sistem pelaporan yang memungkinkan siapapun secara segera dapat melaporkan masalah lingkungan melalui suara, sms, mms, aplikasi mobile, dan web ke sistem yang diciptakan ini. Setelah mendapat laporan, Butterfly akan mengklasifikasi masalah berdasarkan kategori kemendesakan dan lokasi.

Setelah itu, laporan diteruskan ke otoritas yang bertangungjawab sehingga masalah yang timbul dapat ditangani secara lokal. Laporan dan bagaimana respon otoritas yang bertangung jawab akan ditampilkan dalam sistem Butterfly yang dapat diakses publik. Final Imagine Cup 2008 diikuti 370 pelajar dan mahasiswa dari 61 negara untuk memperebutkan total hadiah uang tunai 240.000 dollar Amerika Serikat.

Selamat ya! Ditunggu ya traktirannya!

2 thoughts on “Selamat Untuk Tim Antarmuka”

Leave a Reply