Smart Time Indosat

Smart Time adalah sebuah kebijakan jam kerja di Indosat (atau mungkin di kantor-kantor lain). Kebijakan ini memperbolehkan karyawan Indosat masuk kerja ke dalam 4 rentang waktu : 07.00, 07.30, 08.00, dan 08.30. Karyawan Indosat yang datang pada jam yang lebih awal dapat pulang pada waktu yang lebih awal juga.

Lucunya sampai ada istilah “Paket A” yakni karyawan yang datang lebih dulu dan pulang lebih dulu.Dan juga ada istilah “Paket AC” karyawan yang datang lebih dulu tapi pulang belakangan. Kadang-kadang suka ada istilah “Paket B” yang pulang tidak paling awal tapi tidak paling akhir.


Di tempat lain istilah yang biasa digunakan untuk Smart Time ini adalah Flexi Time.
Mungkin salah satu alasan kenapa tidak digunakan istilah Flexi Time adalah yakni karena jargon “Flexi” sudah digunakan oleh operator kompetitor.

Sekarang sudah ada kompetitor baru yang menggunakan jargon “Smart”

Hmmm… apakah Indosat akan mengganti istilah “Smart Time” dengan salah satu produk CDMA Indosat mengingat kedua jargon dipakai oleh kompetitor dalam jaringan CDMA.

22 thoughts on “Smart Time Indosat”

  1. @anis :
    hehehe,,,, apa boleh buat neh….
    paling bagus ya Star Time

    @abie :

    masuk paket A neh…
    ngapain lama-lama 😛

    @reinhard :
    selamat ya yang lolos

  2. Koneksi Starone sangat lambat dan pulsa argo kuda !

    Semuga info ini berguna bagi rekan rekan pengguna kartu CDMA Startone di mana saja. Harap informasi ini SECEPATNYA disebarkan ke semua media (blogs)/sarana informasi, atau situs apapun di jaringan internet agar diketahui banyak pihak. Sayapun karena kecewa sekali sudah banyak menyebarkan informasi ini. Dengan tujuan agar pihak PT.Indosat memperbaikinya segera.

    Saya pemakai/user internet lewat koneksi jaringan CDMA. Ada pengalaman yang menarik yang harus saya bagi buat teman-teman. Walaupun membuat saya sendiri tidak percaya. Awalnya, saya disuruh anak bibi saya yang tinggal di Depok Dalem, Kamp Serap, kalau memakai internet. Pilih saja lewat jaringan CDMA Startone saja karena cepat speed-nya cepat dan murah lagi Rp.70,- /menit. Saya pun tertarik akan informasi ini.

    Tempat tinggal saya : Bpk. Leon, yang di Cakung Barat, Jakarta Timur dekat PT.KSB Indonesia. Sinyal startone di daerah Cakung barat anehnya diterima bagus pada PDA saya lumayan bagus untuk sekedar terima / kirim telpon atau SMS, Saya pikir seharusnya tidak ada masalah. Keanehan-keanehan saya temui ketika memakai kartu CDMA Startone untuk koneksi internetnya.

    Ketika saya mencoba dengan Laptop Toshiba Core Duo, memory 2 Gb, OS Windows XP2 (Reinstalled OEM),DirectX Ver.9.Modem internal CDMA PMCI merk HUAWEI RUIM. Semua installasi modem & driversnya sudah baik/benar juga berjalan normal tidak ada masalah. Stelah itu saya coba dial ke #777 User:starone Password : indosat Dan langsung tersambung koneksi internet dengan kecepatan 115 Kbps.Menarik sekali!

    Permasalahannya :

    1. Ketika saya buka situs http://www.iklanbaris.co.id ternyata tidak TIDAK DAPAT DIBUKA!? Saya penasaran, saya browsing ke http://www.yahoo.co.id dan http://www.gmail.com ternyata sama saja… Karena saya penasaran, terus coba lagi, ternyata kedua situs tersebut akhirnya dapat dibuka/browsing tetapi SANGAT LAMBAT TERBUKA kurang lebih 14 menit, aneh bukan…???. Saya penasaran, saya coba lagi dial up dan koneksi ke internet lewat modem internal bawaan Laptop saya melalaui jaringan sambungan kabel telpon TELKOM melalui provider TELKOMNET INSTAN. Ternyata internetnya normal, menunggu dibuka dengan kecepatan 50Kbps, situs http://www.iklanbaris.co.id http://www.yahoo.co.id dan http://www.gmail.com sudah dapat dibuka kurang lebih 1 menit. Dial-up Telkomnet instant lebih cepat dari koneksi CDMA Starone yang kecepatannya 115Kbp. Aneh…Sangat aneh bagi saya kenapa…? Awalnya saya curiga kalau masalah ada pada modem internal CDMA PMCI HUAWEI RUIM saya yang bermaslah. Kemudian saya ganti dengan modem melalui Handphone merk Nokia CDMA 6585, dengan memakai keneksi kabel DKU-5 (USB-Com4). Ternyata hasilnya sama saja dengan memakai modem CDMA PMCI HUAWEI RUIM yaitu lambat alias lelet. Hal ini terjadi keesokan harinya, bahkan lusanya pun saya coba sampai hari ini pun tetap sama saja lambat, baik pada saat pagi hari, siang maupun malam. Bahkan samapai hari ini. Sungguh aneh.
    2. Ketika saya koneksi internet lewat jaringan CDMA Startone (baik menggunakan modem CDMA PMCI HUAWEI RUIM atau HP 6585 keneksi kabel DKU-5 (USB-Com4). Ditambah sudah sangat lambat, juga menyedot pulsa yang tidak wajar. Seperti informasinya kalau CDMA Startone disebutlan tariff internet Time Base- nya (ketik Reg Time kirim ke 799) adalah Rp.70,- / menit. Terakhir cek pulsa (dial ke *555#) adalah Rp.35.450,- Saya coba dial up internet lagi memakai modem CDMA PMCI HUAWEI RUIM , karena penasaran lambat membuka situs http://www.iklanbaris.co.id Akhirnya situ situs terbuka juga setelah 14 menit, amat lambat! Saya cek pemakaian internet di icon Networking startone (sebelah kanan bawah computer), pada saat menit ke 15 sedang berjalan, segera saya disconnect. Dan laptop saya matikan. Lantas saya cek pulsa saya. Dalam hitungannya seharusnya terpakai pulsa 15 menit X Rp.70 = Rp.1050,- Setelah saya cek pulsa berubah menjadi Rp.32.050,- Jadi terkena biaya pulsa Rp.3400,- Seharusnya Rp.1050,- Saya tidak mengerti kenapa seperti ini….???

    Saya coba telpon ke customers service Startone (dial ke nomor 111). Ternyata mereka (seorang wanita) mengatakan pada jaringan mereka tidak ada masalah (belum ada terima laporan maslah), juga untuk jaringan koneksi internetnya tidak ada masalah untuk daerah Cakung Barat Jakarta Timur. Termasuk Billing pulsanya pun tidak ada masalah. Jadi masalahnya ada dimana…? Aneh sungguh teramat aneh…. Tetapi ini nyata tidak rekayasa, silahkan anda datang kemari cek sendiri di daerah Cakung Barat – Jakarta Timur.

    Akhirnya saya tanyakan pada teman akrab saya kebetulan adalah sebagai kepala devisi team leader Cross Connect Site/tower milik PT. Indosat. Ia sendiri bekerja pada salah satu perusahaan sub-contractor rekanan PT. Indosat di daerah Cilandak Jakarta Selatan, menangani pekerjaan Installasi, Maintenance dan untuk proses Cross Connect site/tower milik PT.Indosat. Akhirnya dia pun mau jujur setelah saya desak beberapa kali. Ia mengatakan, kalau hal ini tidak aneh lagi! hal ini sudah sering sekali terjadi di lapangan, karena :

    1. Perangkat komunikasi gelombang radio (hardware) yang berfungsi sebagai rellay& penguat Sinyal Frequency radio (RF) sudah lemah (ada gangguanteknis/error/failure) karena jarang sekali dilakukan penggantian berkala, jarang di-upgrade juga maintenance. Atau perusahaan sub-kontraktor yang menangani daerah tersebut untuk team Installasi, maintenance dan cross connect-nya tidak becus kerjanya alias asal-asalan.
    2. Bagian IT Khusus yang berhubungan dengan koneksi internet Startone, bekerja tidak benar. Server tidak pernah ada maintenancenya (perawatan), dan sering hang minta reset. Sehingga settingan IP proxy / gateway Server koneksi jadi bermasalah! Atau ada servernya sering down/dummy.

    Saya sebagai seorang network engineer masuka akal juga penjelasannya . Tapi teman saya meminta tolong info ini jangan sekali-kali diberitahukan pada siapapun, karena ini rahasia intern perusahaan – perusahaan sub-contractor PT.Indosat. Saya hanya mengangguk & berpura – pura setuju.

    Untuk rekan rekan – rekan IT sebagai pekerja PT. Indosat maupun pihak managemen PT. Indosat, diharapkan segera membenahi ini sebelum tercoreng nama besar anda. Kalau rekan rekan bagian IT di PT.Indosat tidak becus kerjanya mengurusi koneksi internet ini, pecat saja mereka karena merugikan. Serahkan saja kepada team saya. Karena saya punya team ahli jaringan komputer (hardware-software) yang terpercaya & berpengalaman sejak 1995. Dan mereka dapat segera pensiun dini.Terima kasih.

  3. Kayanya lebih lucu kalau pake Hepi Time, senang-senang ajah di jam kerja, hehe… Tentunya Hepi Time cuma bisa diterapkan di Mobile-8, hehe…

  4. Quote:
    “Serahkan saja kepada team saya. Karena saya punya team ahli jaringan komputer (hardware-software) yang terpercaya & berpengalaman sejak 1995. Dan mereka dapat segera pensiun dini.Terima kasih.”

    ^wekekeke ternyata ajang promosi. sori klo ngejunk.Peace bro

  5. Kebetulan banget nemu blog ini pas ada tugas kuliah nyari2 info tentang indosat 🙂
    Sayangnyaa… PM ku gak di respon.. :((
    mau nanya2 tentang gaji en jam kerjanya

  6. sekedar info,
    jangan beli Smart Haier + free 12 Gb , karena produk ini sarat penipuan!! tidak sesuai dengan iklannya dan Smart sendiri masih bau kencur untuk masuk dalam industri CDMA, internet
    Kalau tidak percaya silahkan buktikan koneksinya lambat sekali , sering error dan putus putus!
    Selamat buat SMART anda layak jadi penipu

  7. Bagi teman2 yang menginginkan HP sebagai modem dan membuat koneksi dengan internet dengan mudah, murah dan cepat. saya akan membantu anda membuat HP sebagai modem dan dengan bantuan software browsing internet di laptop/PC menjadi 10 kali lebih cepat dan murah. (tampilan web tetap full picture, tidak ada pengurangan gambar) perjam hanya Rp. 1000. Tidak hanya modem HP, tapi Software ini juga berlaku untuk semua jenis modem.
    cara : Kirim email ke darius_lin@yahoo.com dan menjawab pertanyaan ini:
    1. Jenis Hp/modem yang digunakan
    2. Apakah saat ini sudah bisa internet di HP?
    3. Apakah anda punya PC suite
    4.Apa jenis kartu anda.
    Di tunggu emailnya..
    Terimakasih..

Leave a Reply