Penerapan Data Mining Untuk Membantu Quality Control Pada Telephone Switching System

Macam judul TA aja ini…..

Ide bagus sih, entah udah ada yang bikin atau belom, soalnya melihat kenyataan di lapangan sepertinya bener-bener perlu sih….. Kali-kali aja gara-ada ada ini bisa jadi tambah bagus pelayanan operator telepon yang ada selama ini.

Dari hasil pengamatan selama ini selama kerja praktek di Indosat, mesin-mesin yang dipakai di sini selalu menggenerate log data hasil pemrosesan panggilan baik mulai dari SLI, SLJJ, dan lain-lain. Hanya saja, setelah baca-baca manual-manual mesin tersebut, dari manufaktur mesin-mesin tersebut tidak menyertakan aplikasi yang sifatnya mempelajari log data yang sudah digenerate, hanya menyertakan aplikasi yang sifatnya monitoring dan controling. Yah, strategi bisnis keknya 😛

Data entriernya baru kelar gw bikin (tinggal testing sih, sayang dokumen untuk softwarenya masih belom diketik sama sekali :mrgreen: dan itu juga untuk mesin-mesin tertentu), sample datanya tinggal comot, poin-poin bab I nya udah ada, metodenya dah kepikiran.

Meski data pada mesin yang gw tangani saat ini scopenya masih terbatas dalam suatu hal tertentu dan hal-hal tertentu tersebut sifatnya masih jauh daripada bidang finansial karena domain persoalannya masih sifatnya teknis, sih. Tapi dari log-log tersebut banyak sekali hal-hal baik yang bisa didapat oleh perusahaan kalau bisa diambil trendnya.

Sayang, kegedean buat dikerjain sendirian….. Udah gitu biayanya mahal banget lagi (untuk ukuran mahasiswa) buat bikin sistemnya….
Datanya udah skala ratusan ribu per menit… itu pun untuk satu mesin…. Ntahpapa, orang Indonesia keknya demen banget nelpon….
Buat mroses segitu mah butuh server yg sangat besar dan juga sistem untuk mengumpulkan data-data tersebut yang tersebar dari seluruh Indonesia. Wew, gak ada duit buat TA kek gitu….

Kalo ngajuin proposal ke perusahaan operator kira-kira dibayarin gak ya…. 😛

5 thoughts on “Penerapan Data Mining Untuk Membantu Quality Control Pada Telephone Switching System”

  1. mau nanya nih..kamu pake metode apa seh untuk quality control.?kalo boleh tau yang u langkah2 pengolahan data kamu gmana ya?hmm…aku juga lag ngambil data mining untuk quality control untuk penelitian aku..boleh kasih saran ga? thanx b4…

  2. @halim :
    saya belom memulai riset ini, jadi belom ada bayangan untuk metode data mining.
    nanti sebenarnya tergantung kebutuhan dari perusahaannya.

Leave a Reply