My First Day @ Indosat

(Tidak ada detail yang spesifik dicantumkan di postingan ini karena takutnya dapat menyebarkan informasi-informasi yang sifatnya rahasia)

Hari pertama di Indosat, gw mesti briefing dengan orang dari divisi training di Indosat. Berangkat dari rumah, diantar bokap sampai ke gedung Indosat. Di pintu utama ketemu sama Sindy yang emang ngapplynya bareng gw. Eh pas masuk lobby nya ketemu sama anak-anak IF, si Riftadi sama Ghifar. Ternyata mereka di tempatinnya di kantor yang di gedung Satelindo di Daan Mogot. Tapi taunya pas mereka ke sana, mentor mereka ternyata udah pindah kantor ke yang di Thamrin. Hehehe…. Apes banget….

Akhirnya gw naek ke lantai tempat divisi itu bareng Sindy, ketemu sama orang-orang dari univ-univ lain yang ingin ketemu dengan orang yang sama juga. Jadi kita dibriefing mainly tentang profil Indosat, peraturan dan tata-tertib kerja praktek, dan terakhir tentang etika kerja. Well setelah itu dikasih tau penempatan kerjanya. Ternyata gw dan Sindy dipisah di divisi yang berbeda. Padahal ngapplynya bareng. Berbeda jauh banget malah…. Gw di divisi yang berhubungan dengan jaringan, si Sindy di divisi yang berhubungan dengan content provider… Padahal temen-temen kayak Aji-Bol sama Adi-Ghifar bisa barengan gitu.

Setelah dateng ke tempat gw bakal kerja, gw iseng-iseng keliling ngeliat-ngeliat. Nyasar ke ruang yang isinya banyak banget komputer dan di depan komputer itu ada banyak layar ukuran gede-gede banget. Kek kalo di film-film tentang peluncuran pesawat ulang-alik gitu deh…. Abis itu nyasar ke ruang yg isinya banyak server-server gitu.

Eh, buset…. Ini divisi jangan-jangan gw disuruh ngurusin routing, crimping kabel, monitoring, maenan server…. Aaaa….. Mana kuliah jarkom hampir gak pernah meratiin……

Abis itu gw lapor ke sekretarisnya. Kebetulan kepala divisinya lagi rapat (mungkin berhubung Indosat baru dijual ama Temasek ke Qatar). Gw disuruh ngobrol-ngobrol sama Pak Tata (bukan nama sebenarnya), salah satu karyawan di situ dan juga kenalan dengan beberapa rekannya. Beliau awalnya heran kenapa kok gw ditaro di divisi itu, bukan di divisi IT… (Gw juga gak ngerti kok ditaro di situ, Pak….) Dan sialnya beliau tuh banyak ngeluarin istilah-istilah seputar komunikasi gitu… SGI, SGD, SGL,,,,,, apa lagi yah…..

Jadi minder gitu gw…. Jangan-jangan gw emang bener-bener salah dimasukin yak…..

Tapi untungnya menurut beliau banyak yang bisa gw kerjakan di sini, kok. Beliau ada ide gw disuruh ngebongkar sebuah format transmisi tertentu yang dipakai oleh sebuah vendor dan ngebikin aplikasi buat decodenya. Entah itu masuk keilmuan Informatika atau enggak…. 😛

Sampe sore ini kepala divisinya belom dateng… Gw gak ngerti mau ngapain… Sempet sih diajak keliling-keliling divisi itu ke ruang server, ke ruang-ruang yang lain…. mau moto-moto isi dari lantai itu tapi gak dibolehin…. apa boleh buat 😛
abis itu sama pak Tata disuruh nongkrong aja….Jam setengah 5 udah pada pulang…. Ya udah gw pulang aja….

Moral dari cerita di atas… Garing banget khan?? Mau cerita banyak sebenernya, tapi takutnya confidential sih….

(Cerita ini dipublikasikan juga di Tjatatan Kerdja Praktik IF 2005)

10 thoughts on “My First Day @ Indosat”

  1. kya kya.. baca2 post ttg first day KP orang2 .. jadi was2 niyh.. ho3x ..
    sukses deh pet KPnya yahhhh.. ni mungkin utk menebus kuliah jarkom yg kurang mengena di hati lu .. hahahaha..

    😀

  2. @shieny :
    good luck ya, yen!

    @rendy :
    ho oh nih 😀

    @aki herry :
    ya enggak lah, ki…. naek busway…. :mrgreen:
    mulai hari kedua kemaren pulang pergi pake busway….

  3. halo…
    gua harry…
    salam kenal…
    gua KP di indosat juga nih…
    tapi yang di gedung BDN…
    elo di divisi apa???
    mau sharing juga nih….
    KP gua juga sebenernya salah tempat, disini terlalu teknik elektro dan telekomunikasi banget, sedangkan gua anak teknik industri…
    yah sama kaya lo pasti dijelasin jadi bengong2 gitu….
    gak ngerti istilah-istilahnya…
    akhirnya dapet temanya juga sih
    gua cuman ngambil PROCESS MANAGEMENT di divisi ini aja sih…
    yasudahlah…

  4. @harry :
    halo harry, salam kenal juga
    saya di divisi switching gitu ^_^

    well di tempat saya emang terlalu elektro dan telkom banget sih.

    tapi udah lumayan adjusting dan istilah-istilahnya juga awalnya familiar, karena cukup banyak analoginya di dunia komputer soalnya 😛

  5. mending magang di Telkom aja ah hehehe 🙂

    tadinya mau keindosat, tapi katanya yg wilayah jawa Barat atupun bandung dah penuh..
    piye to. . .

  6. hahaha,,kang dhausz…

    mending d indosat aj….rameeeeeeeeee

    btw nasib lo KP d indosat sama ky gw,,cm gw d bag. interkoneksinya

Leave a Reply