Cerita KP : Melangkah ke bidang Telematika

Kalau anak-anak Informatika 2005 yang sedang kerja praktek topiknya pada keren-keren, yang ngebangun perangkat lunak lah, yang jadi system analist lah, yang ngerancang data warehouse lah, yang ngebikin office automation lah, gw rada jauh sendiri entah kenapa.

Terdampar kerja praktek di Indosat, awalnya berharap gak jauh-jauh dari dunia IT/IS seperti yang disebutkan di atas. Tidak disangka ditempatkan di tempat yang sebenarnya rada-rada asing. Bagian yang mengurusi jaringan telekomunikasi pengguna layanan Indosat (nama bagian dirahasiakan, takutnya rahasia :mrgreen:) Pokoknya dekat dengan traffic pengguna layanan Indosat, e.g. StarOne, IM3, Mentari, dll. Bisa ngelihat hari itu ada berapa percakapan yang terjadi dan sebagainya.

Awalnya bicara-bicara dengan mentor, badan jadi lemas. Soalnya bener-bener gak ngerti jargon-jargon yang dilontarkan di dalam kantor itu : ISDN, Sentral, ZTE, SS#7, R2, dll. Tapi setelah dipelajari, sebenarnya tidak ada yang terlalu spesial dan terlalu jauh dari kuliah IF3292 Jaringan Komputer dan Pengamanannya (yang gw bener-bener gak rela dikasih nilai B), hanya bedanya mereka implementasinya kebanyakan di komunikasi data suara dengan menggunakan media-media yang cukup berbeda. But still, sebenarnya gak jauh-jauh banget. (FYI, gw lagi berusaha merampok buku-buku dari abang gw yang S.T. dari Teknik Telekomunikasi ITB)

Kalau kata Pak Mentor, apa yang gw lakukan ini termasuk bidang Telematika. Denger kata “Telematika” ingetnya itu yah you know lah siapa 😀
Menurut Om Google dengan kata kunci “define: Telematics

  1. The use of computer-based information processing in telecommunications and the use of telecommunications to allow computers to transfer programs …
  2. The combination of computers in concert with telecommunications systems. This includes dial-up service to the Internet as well as all types of networks that rely on a telecommunications system to transport data.
  3. Mixing of resources and services of computer science and telecommunications.
  4. Telematics was originally the combination of telecommunications and computing, but the term has evolved to refer to computerized automobile systems. …
  5. The technology that enables the present discursive circuit diagram for technical images to be converted into one that is dialogic
  6. The combination of computer and information technology, which has greatly freed the relationship between the employee and the workspace.
  7. The convergence of computing and communications technologies to send and receive information.

Intinya sih keknya telematika adalah penggunaan teknologi informasi di dalam komunikasi. Kayaknya sih cukup meyakinkan, nih.
Sementara gw disuruh eksplorasi-eksplorasi tentang cara kerja teknologi-teknologi yang ada di Indosat ini.

Yah, siapa tau bisa jadi pakar Telematika beneran menggantikan you-know-who 😛

Sebenernya intinya biar keliatan keren aja di status YM khan…. “Telematics” :mrgreen:

3 thoughts on “Cerita KP : Melangkah ke bidang Telematika”

Leave a Reply