Selayang Pandang, CVSNT dan Netbeans

Biasanya saya gak terlalu suka untuk menulis-nulis hal-hal yang terlalu teknis. Tapi apa boleh buat, ada yang rikues soalnya 😀
Ini adalah post pertama dari rangkaian post tentang selayang pandang mengenai apa yang harus dipersiapkan untuk Kuliah IF3262 Proyek Perangkat Lunak. Di dalam kuliah ini sepertinya diharuskan menggunakan J2EE sebagai platform pengembangan dan CVS untuk manajemen versi untuk pengembangan.
Adapun perangkat lunak yang disediakan oleh asisten antara lain CVSNT, Netbeans 6, dan XAMPP. Sebenarnya XAMPPnya juga masih butuh addon Tomcat yang mana keduanya jadi gak guna soalnya sudah ada Glassfish di Netbeans 6. Tapi sepertinya databasenya harus pakai MySQL ya….. Argh…

Anyway, berikut post saya 😛

CVSNT adalah sebuah aplikasi versioning untuk pengembangan perangkat lunak. CVSNT merupakan pencabangan dari aplikasi CVS yang secara khusus dikembangkan untuk lingkungan Windows NT. Selain CVS juga terdapat aplikasi serupa seperti Subversion yang belakangan populer. Akan tetapi untuk kegiatan perkuliahan IF3262 Proyek Perangkat Lunak sepertinya dikhususkan untuk menggunakan aplikasi CVSNT :P. Netbeans sebagai aplikasi pengembangan perangkat lunak juga menyediakan fasilitas untuk sinkronisasi proyek yang dikembangkan pada Netbeans tersebut dengan proyek yang disimpan pada CVSNT.

Pertama kita harus membuat sebuah repository CVS pada CVSNT. Untuk itu kita buka aplikasi CVSNT Control Panel pada bagian Repository Configuration. Kita tambahkan sebuah repository katakanlah pada direktori C:\CVS.

cvs1.png

Setelah itu jika kita membuka Netbeans (yang dipakai Netbeans 6), kita dapat mengakses source yang ada pada CVS tersebut. Caranya adalah dengan mengakses menu Versioning\CVS\Checkout

cvs.png

Pada CVS Root kita isikan :local:/CVS jika kita ingin mengakses CVS yang terdapat pada komputer yang sama yang sedang kita pakai. Adalah lebih baik jika CVS yang kita gunakan terdapat pada sebuah komputer yang dapat diakses di mana saja. Ini disebut remote repositories.
Sekarang kita coba menggunakannya. Kita pertama-tama buat sebuah proyek misalkan HelloWorld.

cvs3.png

Setelah kita selesai membuat proyek dan menuliskan kode, untuk menyetor kode tersebut kita hanya klik kanan pada proyek tersebut kemudian pilih context menu CVS\Commit… Pada kotak dialog dibagian Files To Commit, kita pilih file yang ingin kita masukkan. Dalam kasus ini semuanya.

Jika kita kemudian mengubah atau mengetikkan kode-kode, maka jika kita ingin melihat perubahan-perubahan yang kita lakukan kita hanya klik kanan pada proyek tersebut kemudian pilih CVS\Diff… Kemudian akan terlihat perbedaan yang telah kita lakukan seperti ini.

cvs4.png

Jika kita merasa perubahan kita telah benar maka kita tinggal pilih CVS\Commit… Untuk mengaplikasikan perubahan tersebut.
Setelah kita mengambil (checkout) salinan kode kita, ada kemungkinan pengembang lain mengubah-ubah kode yang sedang kita kerjakan. Untuk tetap sinkron dengan perubahan yang terjadi ada baiknya kita melakukan update terhadap kode tersebut. Dapat dilakukan dengan menu CVS\Update…
Ada beberapa hal lain yang menarik mengenai CVS ini yang kiranya bisa dieksplorasi sendiri-sendiri. (Mohon maaf dah males nulis :mrgreen: abis bebersih gasibu soalnya :P)

2 thoughts on “Selayang Pandang, CVSNT dan Netbeans”

Leave a Reply