Ikutan Reisha, tentang Semester V

Ikutan Reisha ah ngebahas soal semester V.

Kalo soal si Reisha sangat menanti nilai IF3191 sampai saat-saat akhir, untung gw tau duluan dari dosennya. Pas tanggal 23 sore ketemu beliau di tangga, “Pak, nilai sudah kelua?r“. “Ini masih diperiksa. Besok kayaknya“. Besoknya dateng lagi ke kantor beliau, “Pak, nilainya udah ada?“. “Ini lagi meriksa punya kamu. Nilai saya yang paling telat ya?“… Dan gw langsung kabur melihat berkas ujian gw yang isinya tuh sebagian besar asal-asalan. Siangnya balik lagi…. “Pak, nilai saya berapa?“. “Belum saya rekap“. “UAS saya pak?“. “Kamu UAS dapet 63“…..
langsung lemes kaki, gemeteran….. “Tapi masih di atas rata-rata kok sepertinya“…. “Rata-ratanya berapa, Pak“…. “Belum saya hitung, ini yang paling rendah dapet 17, yang paling tinggi dapet 115“…. Alamak….. gak ngarep dapet A….. langsung cabut dari kantor beliau…. Duduk-duduk deket lift… Eh beliau keluar…. Langsung nyebut nilai gw….. *sigh*
Berbeda sebagian besar penduduk kelas K1 IF3191, gw bisa tidur nyenyak tanpa detak jantung yang cepat malam itu.

Well, tapi semester V ini, adalah semester yang penuh kontroversi buat gw secara pribadi. Semester yang penuh dengan pukulan dan kepahitan. Bener-bener kenangan buruk lah kalau nginget semester ini. Serius.

Udah yang sibuk jadi panitia ITB Open, yang jadi asisten pelatnas, yang jadi staff di POSS, yang diminta bantuan ngerjain macam-macam dan bikin macam-macam lah, yang kena sakit radang punggung lah, yang kena sakit diare lah, yang kena sakit maag lah, yang ditolak cewe lah, yang berantem sama orang tua lah, yang sering kena sakit ati lah, yang bawaannya kesel mulu lah.

Tapi herannya NRnya naik daripada sebelumnya. Menyenangkan ^_^

Well, ikutan Reisha lah.

IF3111 Basis Data (3 sks, Pak Adi+Bu Cia)
Ini gw selalu tidur di kelas. Gak pernah enggak. Seperti dikutip, awalnya belajar E-R diagram, skema relasional, desain basis data, dan normalisasi basis data. Kalau tugasnya itu seluruhnya tentang desain basis data, hanya yang tahap I disuruh memakai E-R diagram yang tahap II memakai basis data relasional. Ngerjainnya bareng Mita-AnisInay (dan gw cowo sendiri). Secara pribadi bersyukur karena Pak Adi ngasih tugas ini. Soalnya di kelas tuh gak pernah meratiin. Kelasnya rame abis, gak kondusif mah, soalnya brisik banget. Udah gitu panas, jadi gak konsen. Tidur deh.
Dengan tugas ini akhirnya mau gak mau terpaksa minta diceritain ulang sama Inay atau Mita soal penjelasan dosennya di kelas 😛 Dan UTS serta UASnya untung masih bisa ngisi (biar rada ngasal dikit :P) meski cuman sempet belajar semalam doang.

IF3171 Sistem Informasi (3 sks, Pak Mary)
Yang ini gw juga tidur di kelas mulu. Lagian enak, kelasnya rada sepi, ruangannya jadi adem. Mau bolos gak bisa, soalnya kata dosennya, syarat untuk mengikuti UAS adalah 70% kehadiran. Makjang, tapi sepertinya beliau masih mentolerir mahasiswa yang tidur di kelas daripada mahasiswa yang terlambat atau mahasiswa yang ngobrol. Dan untungnya gak masuk daftar orang apes seperti mbak yang satu ini dan mbak yang satu ini.
Kalo yang ini entah kenapa gw gak ngerti sama sekali sama yang diterangin sang dosen. Gw merasa beliau itu orangnya skillful, banyak wawasan, dan banyak pengalaman. Maksudnya, mungkin ketika beliau menerangkan sebuah materi, kelihatannya agak abstrak, tapi ketika ditanya soal materi tersebut dan beliau menerangkan tentang implementasi dari materi tersebut, beliau sangat piawai dalam menjelaskannya. Bener-bener skillful lah.
Kalo untuk tugasnya gw sekelompok bertiga, ngambil obyek sistem informasi Supermarket Barokah yang terletak di Tubagus Ismail. Jadi kita ngebuat sistem informasi yang mampu mengotomatisasikan pembukuan transaksi penjualan dan transaksi pembelian yang digunakan untuk laporan rekapitulasi berdasarkan permintaan (panjang abis yak penjelasannnya)
Di sini kelompok gw memakai teknologi Java untuk aplikasinya dan MySQL untuk basis datanya. Aneh khan? Rata-rata satu kelas pakai pasangan PHP-MySQL atau C#/VB.NET-SQL Server. Kelompok gw rada aneh sendiri. Kenapa pakai Java-MySQL? Bukan gara-gara gw saat itu tau SUN bakal mengakuisi MySQL Bener-bener bukan (meski memang ada kemungkinan besar gw bakal direkrut oleh SUN (loh? *bingung*)) Tujuannya supaya bisa jalan di Linux dan Windows soalnya komputer rumah pakai Windows, komputer kantor pakai Linux. Repot. Ngerjainnya, awalnya sih semangat karena ada sentimen pribadi, tapi terakhir-akhir jadi pain in the ass, karena sentimen pribadi juga.
Dan soal belajar, yah seperti sebagian besar mahasiswa, sistem kebut semalam. Untung dibantu dengan conference-conference YM tiap malam sebelum ujian untuk tanya jawab. hehehe :mrgreen:
Hikmah yang gw ambil adalah bahwa selama gw di IF ini cuman ada satu rekan IF, yakni Tina seorang, yang berhasil memaksa gw koding apapun mood koding gw saat itu….. *sigh*

IF3191 Sistem Operasi (4 sks, Pak Imam)
Kalo Reisha bilang ini kakaknya IF2191 Organisasi dan Arsitektur Komputer I dan IF2291 Organisasi dan Arsitektur Komputer II, gw mah nambahin ini kakaknya IF2181 Struktur Data. Bagaimana enggak, mau gak mau ngoding pake C, salah satu bahasa yang sangat gw hindari untuk gw pakai.
Tapi ini salah satu kuliah yang gw harepin dapet A. Soalnya menurut gw ini kuliahnya sangat menarik. Dan karena ditambah keberadaan dosen yang gw anggap bener-bener skillful, gw jadi selalu meratiin.
Well itu awalnya, yang UTS gw bisa ngerjain, yang tugas I bisa lah, yang tugas II agak-agak kompleks tapi bisa juga. Nah yang UAS ini. Pokoknya pas jaman-jaman studi kasus Linux, kelas dibagi per kelompok untuk presentasi tentang Linux, gw tuh sering bolos, mostly karena sakit. Pas UAS malemnya udah hampir collapse, coba-coba baca buku Tanenbaum gak nangkep-nangkep, terus baca hasil conference gak kuat juga. Akhirnya pasrah, tapi at least cukup pede dengan hafalan buku Tanenbaum yang dibaca semaleman.
Tapi ternyata soal yang keluar hampir semuanya dari presentasi-presentasi. Alamak. Apes…. Untuk yang agak familiar, gw mah masih bisa asal-asalan. Tapi untuk beberapa yang sama sekali gak pernah denger, dah nyerah, gw kosongin.
Untung masih bisa selamat. Padahal awalnya udah gak yakin lagi nih bisa lolos.

IF5054 Kriptografi (3 sks, Pak Rinaldi)
Ini salah satu kuliah menyenangkan. Awalnya bingung mau ngambil yang Kriptografi dari prodi matematika atau prodi sendiri. Akhirnya memutuskan untuk ngambil dari prodi sendiri. Agak nyantai karena gak ada UTS dan UAS. Yang ada hanya 2 kali tugas makalah pengganti UTS-UAS, 2 kali tugas pemrograman, dan 1 kali tugas kecil. Yang paling menyenangkan memang tugas pemrogramannya. Yang tugas I disuruh buat aplikasi block cipher dengan metode Electronic codebook (ECB), Cipher-block chaining (CBC), dan Cipher feedback (CFB) dan disuruh desain algoritma enkripsinya. Tugas II disuruh buat aplikasi Digital Signature dengan menggunakan fungsi one-way hash MD5 dan asymmetric encryption RSA. Untuk kedua tugas, gw berduet dengan Hanson. Yang pertama cukup perfect yang kedua agak-agak jelek soalnya algoritma RSAnya gagal.
Untung masih dapet bagus.

Udah capek baca ya….. gw udah capek nulis……

KU4024 Penulisan Karya Ilmiah (3 sks, Pak Rukman)
Yang ini gw entah kenapa gila banget. Dibilang gak boleh gak hadir lebih dari sekali, gw sempet tiga kali. Dan tugas risetnya gw tuh hampir jarang bantu sih. Inceran dapet A jadi luluh sudah….. Yah well, tapi kuliahnya menyenangkan. Yang harusnya 3 jam seminggu jadi 30 menit seminggu.

TI4051 Manajemen Industri (2 sks, Pak Hari Lubis)
Ini kuliah yang awalnya gw anggep gak penting. Tapi seiring dengan kemampuan sang dosen mengangkat banyak realita hidup dan banyak sekali kisah-kisah sukses maka gw tuh sangat tertarik dalam mendengarkan kuliah beliau. Tapi apa daya, gw kurang akur dengan alam. Gw tuh sering banget jatuh sakit di hari kuliah ini. Alhasil gw melewatkan satu kuis yang ternyata membuat gw dikasih nilai C. Untungnya sang dosen masih berbaik hati menyatakan akan memberikan tugas pengganti untuk memperbaikinya. ^_^

Yah well, entah kenapa gw yang sebengal ini masih dikasih hasil yang bagus. Patut disyukuri. Tapi penting buat introspeksi, agar ke depannya gw harus mengurangi hal-hal yang dapat menjauhkan konsentrasi akademik, seperti harus bisa nolak tawaran kerjaan dan harus jaga kondisi badan biar gak gampang sakit. ^_^

One thought on “Ikutan Reisha, tentang Semester V”

Leave a Reply