Pelatihan Open Source Software

Hari ini (dan besok) diadakan Pelatihan pendayagunaan Open Source Software yang diselenggarakan oleh Pusat Pendayagunaan Open Source Software atau POSS ITB (bingung khan kenapa ‘P‘nya cuman 1? sama dong.), sebuah lembaga di ITB yang khusus mendedikasikan diri untuk melayani masyarakat dalam menggalakkan penggunaan software legal khususnya yang open source (dalam bahasa Inggris : Center for Empowerment of Open Source Softwarelebih enak didenger Open Source Software Empowerment Center gak sih 😛 ?).

Pelatihan ini diikuti oleh staff administrasi dari unit-unit dan fakultas-fakultas di ITB dan diadakan di Laboratorium Dasar IV Lantai 3 Labtek V ITB. Tujuan pelatihan ini adalah untuk mengenalkan kepada para staff tersebut akan yang namanya Open Source Software dan alasan-alasan baiknya menggunakan perangkat lunak tersebut serta memberitahu bahwa penggunaan antara perangkat lunak open source dan perangkat lunak yang biasa dipakai sehari-hari (which we already know) tidak jauh berbeda sehingga waktu untuk beradaptasi tidak terlalu banyak. Jadi intinya untuk membiasakan masyarakat ITB mulai dari para staff untuk menggunakan OSS.

Ya sekali lagi ditegaskan, pelatihan ini adalah langkah awal pelayanan masyarakat oleh POSS ITB untuk membudayakan penggunakan Open Source Software di kalangan masyarakat ITB. Adapun POSS ITB ini merupakan realisasi dari apa yang telah diutarakan oleh Bapak Rektor Djoko Santoso pada acara Asia Open Source Software Symposium lalu. Selanjutnya mungkin akan ada langkah-langkah pendayagunaan lain yang lebih baik, saya percaya, mungkin seperti menggalakkan pengembangan OSS, ya siapa tau? 😛

Jadi pelatihan kali ini dititikberatkan kepada pengenalan akan OSS serta OSS apa saja yang sesuai digunakan untuk kegiatan para staff sehari-hari. Software tersebut antara lain Mozilla Firefox, Pidgin, serta OpenOffice.org. Jadi pelatihannya seputar bagaimana mencari informasi di Internet, instant messaging dengan Pidgin, serta membuat dokumen-dokumen administrasi seperti surat disposisi, RIA, daftar hadir, rekapitulasi nilai, dan lain-lain. Diharapkan para staff bisa menggunakan perangkat lunak ini sebaik mungkin seperti yang biasa dilakukan sebelumnya dengan menggunakan perangkat lunak proprietary.

Berikut screenshot

click to enlarge

Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket

suasana

Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket

suasana

Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket

TOA
gak penting banget deh ih…..

Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket

staff pelatih (termasuk yang foto dan yang pulang duluan)
ki-ka : Simon (IF03), Amudi (IF03), Agung (IF02), Pak Eko (Dosen FT), Arya (IF02), Dewi (IF03), Yugo (FT05), Ratna (IF03)

Diambil dengan kamera milik pak Benhard, Nikon D40….
anjrit keren abis kameranya,,, ngeri gak situ?

Tambahan, kelupaan ditulis, thanks to Bu Risna :

Dari pengamatan saya, banyak dari mereka yang sudah agak bagus, sih menggunakannya. Bahkan saat menggunakan OO Calc ada yang berkomentar, “Apa bedanya dengan Excel ya?“. Jadi saya rasanya kalau di unit/fakultas nya sendiri MS Office sudah diganti dengan OpenOffice.org, maka sebenarnya para peserta bisa dengan mudah beradaptasi. Mungkin dari segi tampilan, banyak yang rada komplain karena beberapa menu terlihat berbeda (karena icon). Tapi so far, saya rasa hari pertama ini cukup sukses.

4 thoughts on “Pelatihan Open Source Software”

  1. wah, perasaan dulu staf administrasi ITB udah dilatih Ms Office (dengan susah payah), sekarang pake OpenOffice gimana jadinya? lebih mudah ga? 🙂

Leave a Reply