Pertama kali jadi pembicara di Sabuga

Suatu hari yang cerah diminggu ini, gw dateng ke kampus buat ngumpulin tugas eksplorasi lab GAIB. Dan setelah ngumpulin, gw bingung mo ngapain. Mo balik males, mo tidur males, mo internetan juga males. Alhasil nongkrong-nongkrong depan HMIF. Lalu tiba-tiba dateng si catur nanyain, “Pet, mau jadi pembicara di Sabuga gak?”

Heh? Sabuga? Serius lo! Ogah, ah! Gak berani mau gw!“, jawab gw.
Yah, soalnya gw itu paling gak bisa ngomong depan orang banyak sendirian. Apalagi sabuga yang gede gitu, dipotong sepertiga juga masih muat seribu orang. Bisa pingsan depan umum, gw 😛 Kalo macam roadshow IT HMIF kemarin yang ke sekolah-sekolah gak apa-apa lah, cuman di dalem ruang kelas, berapa orang sih emang bisa muatnya?
Emang buat siapa? Bahannya apa?“, basa-basi padahal gw tau bakal gw tolak.
Buat anak SMA/SMP, kok. Bahannya itu pengenalan internet dan web“, jawab si Catur.
Emang berapa orang yang dateng?
Gak tau, pet
(Wah, gw takutnya beneran seribu orang)
Terima aja ya, Pet. Dibayar kok. Lumayan cuman buat beberapa jam, doang
Terus ketemu Diaz, gw bilang aja, “Tapi gw sama Diaz, ya. Gw gak berani mau sendirian”. Dan Diaz juga awalnya ragu, soalnya serem juga kalo ngomong depan seribu orang, ah.
Ya udah, kita nekat aja terima. Si Estrada juga ternyata udah nerima juga. Ah, ya udah kalo gitu.

Terus yang minta pembicara nelpon si Catur dan Catur udah konfirm kalo yang dilatih itu skalanya puluhan kok. Oh ya udah, gak apa-apa gitu. Berarti gak mungkin di Sabuga yang gedenya, mungkin di ruang seminarnya.
Kalian jangan lupa bikin modulnya ya
Dan kita akhirnya cari bahan sendiri-sendiri dan ntar digabungin.

Gw tuh, bingung mo ngasih materi apa. Akhirnya gw ngumpulin bahan tiga buah: Netiket, Web Usability, dan WordPress.com. Bahan-bahannya gw kemas sedemikian rupa supaya anak-anaknya itu biar gak bosen dan bisa ngerti. Tapi jelas gw prediksi mereka dari golongan yang baru mulai kenal internet dan komputer kalau melihat judul acaranya yang dibilang Catur. Dan besoknya kita semua ngebikin modulnya.

Dan hari H gw dateng…. Loh, kok rame banget… Ada acara apa ini… Sempet bingung… Ini bener ada acara workshop dan training IT kok rame banget? Ada band-band segala lagi. Wuih, keren juga udah ada kayak ginian buat acara yang berbau IT. Ngeliat anak SMA rame-rame banget. Wah, jadi serasa balik ke SMA lagi, nih! ^_^
Terus…. kok gak ada hal-hal berbau IT nih…. apa jangan2 gw nyasar, lagi… Eh, pas lewat di information center nya ngeliat ada brosur tentang tu acara. Terus gw nanya ke mbak-mbak cakep yang jagain.
“Mbak, ini acaranya di mana ya?”
“Itu di ruang sana….” (sambil nunjuk tu ruang yang gede banget kayak biasa….) “Tapi mulainya baru jam 10, jangan masuk dulu”
Weleh, “Anu, saya yang jadi pembicaranya, mbak”
“Oh, maaf Pak, silakan masuk aja” sambil berdiri mau nganterin
“Eh, gak usah repot-repot, mbak” terus gw jalan ke sana

Pas masuk udah keringet dingin gitu… Eh, gak taunya rupanya emang di situ, tapi di bagian yang mestinya buat panggung ada banyak unit komputer ^_^ Dan di depannya ada meja buat pembicaranya.

Pas presentasi di depan, gak terlalu demam panggung, lah. Wong cuman dikit yang dateng untungnya 😛 😛 😛 Tapi untungnya mereka lumayan antusias buat ngedengerin. Meski demikian, gw sedikit kasian juga dengan pemerataan kemampuannya. Anak SMA dan SMP digabung gitu. Udah gitu beberapa ada yang malah belom pernah nyentuh internet gitu, sementara yang lain ada yang udah nyeletuk soal PHP gitu. Alamak…. *sigh*
Tapi toh materi yang gw bawakan tentang Netiket dan Web Usability gak terlalu teknis dan, untunglah, bisa diikuti dengan baik.
Yah, tapi tetep aja, rada timpang gitu sih. Soalnya pas terakhir ada kompetisinya, dan kebetulan gw bikin soal yang gak terlalu susah dan gak terlalu gampang lah. Cuman gw kasi snapshot dan bahan-bahan gambar lalu gw suruh mereka bikin semirip mungkin dengan snapshot itu. Dan yang juara I, II, dan III itu dari SMKN 4 Bandung (CMIIW) yang gak mirip tapi lumayan lah, dan di bawahnya itu dari SMP BPK Penabur I (CMIIW juga). Dan menurut pengakuan panita yang jadi moderator SMKN 4 Bandung itu katanya ada jurusan komputernya.

Kepikiran susah juga sih ngebikin materi yang pas buat yang udah pengalaman dan yang belum pengalaman sama sekali bersamaan. Well, ya udah lah, yang penting buat gw, gw bisa mengatasi rasa canggung yang berlebihan lah

Tapi gw salut juga sama panitianya. Bener-bener profesional bisa ngebikin acara segitu gede.
Jadi ceritanya itu rangkaian acara School Creativity Festival yang diadakan depdiknas dan diselenggarakan oleh EO (gw gak tau). Dan acaranya itu banyak, ada pagelaran seni, ada workshop, ada kompetisi design dan rakit PC, ada pameran pendidikan, ada bursa kerja, ada pameran beasiswa. Banyak lah. Dan mereka itu kerjanya bagus. Istilahnya kalo di Software Engineering itu, coupling dan cohesivenya bagus 😛 😛 😛 Terorganisir dengan baik.
Bisa buat contoh ntar kalo bikin acara-acara. (ya soalnya mereka EO profesional gitu 😛 :P)

Eniwei, pas ditanya si Catur pas akhir acara, “Pet, bangga gak lo, pernah jadi pembicara di Sabuga?” Yah, gw bilang sih gimana ya. Ada kebanggaan tersendiri buat gw karena gak nolak duluan pas ditawarin dan berani buat menghadapi tantangan kayak gitu meski sebenarnya tantangannya akhirnya gak seberat yang gw kira. Selebihnya sih biasa-biasa aja sebenernya. Tapi ya, lumayan juga buat masukin riwayat hidup. Jarang-jarang bisa jadi pembicara di depan ruang sabuga itu 😛 😛 Semoga lain kali bisa ngomong di situ lagi dan lebih baik lagi :mrgreen: :mrgreen:

2 thoughts on “Pertama kali jadi pembicara di Sabuga”

  1. numpang lewat yak. baca2 doang 😀
    trus dari mereka (siswa, guru, dll) gak ada pertanyaan2?
    seputar apa aja? dari skala 1-10, secara umum pengetahuan anak2 smp/sma udah nyampe di taraf mana sih?

    sukses yak 😉

  2. nah itu dia…..
    pertanyaan2nya ya seputar masalah mereka di internet (macam troubleshooting gitu), atau juga keingintahuan tentang teknis-teknisnya…..
    sementara beberapa yang “udah tahu” biasanya gak nanya apa2, sih…. ya soalnya temanya gak terlalu berat sih….
    kalo diskalain…. susah….. soalnya rada timpang 😛

Leave a Reply