Sehari di Microsoft Innovation Center

Sebenernya gak ada hubungannya dengan Microsoftnya. Biar rada sedikit tau, dari tanggal 7 sampai tanggal 20 nanti diadakan Pelatihan Nasional II Tim Olimpiade Komputer Indonesia 16 Besar 2007 (kepanjangan, nih). Kebetulan jadi asisten di situ, dan ini yang ketiga kalinya. Kali ini agak sedikit berbeda dari 2 pelatihan yang lalu. Dua kali lalu berada di Laboratorium Dasar Informatika, tapi sekarang ditempatkan di Microsoft Innovation Center ITB di gedung yang sama.

image

Well, beberapa teman yang anti Microsoft pada becanda protes kok generasi muda Indonesia berprestasi di bidang IT sudah dicekoki dengan Microsoft. Loh, khan cuman make ruangannya, toh.

Pelatihan hari ini agak sedikit beda dari hari-hari sebelumnya. Hari ini pelatihan rada sedikit nyantai (apa terlalu nyantai). Anak-anak gw kasi waktu buat ngerjain tugas-tugas yang diberikan hari sebelumnya karena tugasnya rada gimana gitu. Masak 2 soal disuruh ngerjain NP Complete problem. Capek kali. Sambil ngerjain si Brian muter lagu-lagu yang terdengar sampai seluruh ruangan (soalnya pake speaker pinjem dari Duktek). Dan ternyata si Brian banyak koleksi lagu-lagu tua ^_^ Yah, alhasil MIC jadi tempat pemutaran lagu-lagu tembang kenangan :mrgreen: macam Endless Love, My Way, Fly Me To The Moon, You’ve Got A Friend, dan lain-lain. Pas waktunya break pagi, tiba-tiba bu Inge dateng membawa banyak coklat batangan buat dibagiin ke anak-anak (dan gw gak dibolehin makan sama bu Inge :(( kegendutan kata beliau; masak disuruh makan getuk….). Ternyata bu Inge juga bawa susu bantal buat anak-anak (dan gw gak dibolehin minum dengan alasan yang sama :(( ). Ya sudah 😛 (tapi mau juga sih, meski gw masih ada jatah susu sapi murni hari itu beli dari tante Riesa Rileks)

image

Akhirnya tiba makan siang. Makan siangnya sih biasa aja. Tapi jadi lebih rame karena ada peserta yang baru dateng, cuman numpang dateng sehari karena dia beli formulir USM ITB, Ambrosius. Dan ada bu Inge yang ikutan kita bercanda-canda selagi makan siang. Wah, enak deh. Kerasa rasa kekeluargaannya. Tapi setelah itu ada peserta yang aneh (memang aneh) yang tiba-tiba nanya ke bu Inge soal Software Design dan Software Development soalnya dia katanya pengen ikut TopCoder di bidang itu. Dan akhirnya waktu istirahat berubah menjadi kuliah singkat setengah jam dari bu Inge mengenai rekayasa perangkat lunak berorientasi objek (Object Oriented Software Engineering / OOSE) beserta sedikit introduksi UML. (arrrggh…. please….)

Setelah makan siang, anak-anak gw bagiin soal yang udah dipersiapkan. Cuman 5 soal kok (tapi emang beberapa susah; belom baca semua, sih, dan ogah kalo disuruh ngerjain). Dan anak-anak tuh, udah plan kalo mereka bakal ngerjain sampai jam 4 sore. Semuanya pada ngebut ngerjain, dan sesi itu bener-bener jadi sesi diskusi. Soalnya kemarin-kemarin seringnya ngerjain individual, sih. Tapi sekarang anak-anak pada ngerjain bareng-bareng. Weits, pas jam makan snack, ternyata bu Inge dateng ngebawain batagor dan siomay (yey, kali ini gw boleh makan ^_^ ). Enak loh batagornya entah beli di mana itu, ntar tak tanyain deh.

Akhirnya tibalah jam 4. Anak-anak sudah selesai lebih dari setengah soalnya. Ya udah mereka pada setup buat nonton film. Filmnya bagus juga ih. AntiTrust, sebuah film tentang seorang programmer yang punya prinsip opensource dan disuruh bekerja pada sebuah perusahaan kapitalis dan suka monopoli pada bidang IT. Kutipan yang gw suka

Working in our bussines is binary. One or nil. You live or you die.

(or something like that).
Dan bener-bener itu MIC diubah menjadi layaknya 21. Duh…

image

image

Abis selesai nonton, pada keluar makan. Makannya di sebuah rumah makan namanya Bite Me. Bener-bener enak. Ntar makan di sana lagi ah, kapan-kapan. Tapi kejauhan, sih, kayaknya. Di deket ujung Pasteur gitu. Kalo jauh-jauh gini jadi agak gimana gitu. Untung gak ada apa-apa ^_^

image

4 thoughts on “Sehari di Microsoft Innovation Center”

  1. kalau gw boleh kasih saran :
    tolong dong cantumin sejarah microsoft,kelebihan dan kekurangannya soalnya gw kurang begitu paham tentang……microsoft sich?????
    nggak pa2 khan???????

Leave a Reply