Liburan : Cari Hiburan, Cari Uang, atau Cari Ilmu?

Dengan ini, berakhirlah semester IV yang telah dinanti-nanti untuk berakhir. Tapi sebenarnya masih ada dilema yang menanti di hadapan. Yakni gimana cara menghabiskan libur yang kira-kira 2.5 bulan mendatang.
Sebenarnya gw udah ngerencanain beberapa plan buat liburan segitu banyak. Plan A : jalan-jalan cari hiburan. Plan B : ngerjain proyek yang beberapa minggu lalu sudah dioffer. Plan C : ikut training terus ambil sertifikasi.

Plan A : cari hiburan. Rencana pengen jalan-jalan ke Sumatera Utara lagi. Pengen plesiran, ngeliat-liat. Kok gak ke Bali, aja Pet? Yah, abis gw belum puas jalan-jalan ke Sumut sana. Baru ke Medan terus ke tempat kelahiran bapak. (Mana disitu malah disuruh ziarah bersihin kuburan) Di Medan itu tempatnya entah kenapa ngerasa enak. Kehidupan di sana santai banget. Gak kayak di Jakarta yang serba dinamis. Dan makanan enaknya pun bertebaran di seluruh pelosok kota. Gak kayak di Jakarta yang sepertinya dilokalisasi 😛 😛 Kalo orang tua sih setuju-setuju aja mo bayarin jalan-jalan. Kok gak bareng aja, Pet? Males ah. Gw tuh paling suka jalan-jalan ke suatu tempat sendirian or at least barengan sama temen lah. Yah, namanya juga berpetualang 😛 😛 Kepengen juga ngeliat yang namanya PI Del (Politeknik Informatika) yang sering diceritain Bu Inge atau Bu Risna juga. Penasaran, politeknik informatika tuh kayak gimana sih wujudnya. Udah gitu pulangnya ada acara KIR SMA gw dulu yang jalan-jalan ke gunung/pantai. Wah, sebagai alumni ya mesti dateng lah, apalagi kalo gratisan cuman diminta uang sukarela. Kepengen sekali-sekali mancing, ah, di gunung. (well, at least jangan ampe dikejar-kejar binatang buas ato nyasar di hutan lagi kayak dulu)

Plan B : udah ditawarin sih. Tapi kesempatan bisa ngerjain cuman pas liburan aja. Well, gw belum bilang okay dan gw juga belom nolak. Kebayang juga selesai liburan bisa ada monitor LCD 21″ bisa nangkring di meja komputer menggantikan monitor CRT 17″ yang bikin sempit meja. Yah, lumayan sih buat nyari-nyari pengalaman sekalian mengasah skill. Kalo dipikir-pikir sebenarnya bu Inge dulu pernah bilang, hasil kuliah sampai semester IV pun sebenarnya udah cukup buat cari kerjaan kecil-kecilan, sih. Apalagi pak Rinaldi pernah post di milis tentang “akibat” eksplorasi untuk tugas IF2251 (Strategi Algoritmik). Terus uang yang mestinya buat jalan-jalan bisa dipakein buat yang lain ^_^

Plan C : yang ini sih udah rencana dari lama. Pengen ngambil sertifikasi SCJP (kepengen SCJD juga mesti ngambil SCJP juga kalo gak salah) atau kalau bisa MCAD. Gak terlalu susah kalau melihat silabusnya. Lumayan buat iseng-iseng, khan lumayan belum lulus udah ada gelar nangkring :P. Kalau yang SJPC udah ngeliat sih jadwal dan harganya. Pertengahan Juli, sih. Tapi harganya itu, loh, mahal abis. Training 5 hari dan ujian itu harganya 2 juta rupiah. Alamak. Nanya orang tua sih, mau-mau aja bayarin. Tapi ya itu, praktis jadi gak bisa liburan jalan-jalan yang jauh. Terpaksa di sekitar-sekitar Jakarta aja. Ya, masak iya gw udah minta dibayarin ikut training malah minta dibayarin jalan-jalan lagi. Bisa dianggap menghambur-hamburkan uang orang tua, ini.

Plan D : cari calon istri.

Ya itu. Serba dilema. Gak bisa ngambil ketiga-tiganya atau dua dari tiga-tiganya. Eh, yang plan B dan C khan bisa-bisa aja. Ya, tapi tetep aja. Males, ntar kalo gitu bakal berkutat depan komputer lagi dan bakal nambah-nambah beban pikiran yang mestinya kepengen rileks. Lagipula udah ada banyak tugas menanti sih. Tugas ARC suruh bikin profil kru (ya ini juga semalem jadi, tapi masak iya gw yang bikin sendiri), tugas seleksi asisten tetap lab Sistem Terdistribusi (suruh eksplorasi J2ME dengen koneksi client-server atau P2P untuk pembuatan mobile game), tugas seleksi asisten tetap lab Grafika dan Intelegensia Buatan (suruh bikin eksplorasi aplikasi IB untuk penyandang cacat) Tiga itu aja udah bikin kelenger. Sepertinya kandidat kuat untuk jadi plan liburan itu yang plan A deh kayaknya.
(Bener-bener kepengen cari hiburan, ini, kayaknya)

5 thoughts on “Liburan : Cari Hiburan, Cari Uang, atau Cari Ilmu?”

  1. @anggriawan: cerdas…

    Pet, kamu daftar Sister juga toh… Ooww, Ok…

    Situ enak sih, mo jalan-jalan juga, ga perlu mikirin bayarnya gimana…

  2. @anggriawan :
    masalah uangnya, sih…. mo bayarin?

    @Reisha :
    Yah, situ gimana. Kebetulan orang tua mo bayarin… ini juga udah nyembah-nyembah dari dulu buat bayarin…. soalnya naik pesawat sih (mabuk laut dan kapok naek mobil)…..
    kalo dulu biasanya berani naik bus / angkutan sendirian pake duit sendiri… ampe jauh-jauh dan balik kalo udah ditelpon orang tua….. ya paling itu sekitar-sekitar Jawa Barat….

  3. Wah Memang kalo ngomongin masalah Cari Uang
    ga ada habisnya, seru dan membuat semangat bagi kita. Artikel anda bagus sekali, dan sesuai dengan yang saya butuhkan saat ini tentang hidup harus dinikmati dengan jalan2,,dll . Saya sangat interest dan berkesan dgn postingan diatas serta berharap para blogger banyak membaca postingan anda yang bermanfaat ini saya rekomendasikan!

    Saya akan kembali lagi lain kali untuk membaca postingan anda yang lain. Update terus ya….salam

    Ahmad Fikri, SHI

Leave a Reply